PALAS – Plt Bupati Padanglawas (Palas) drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi memimpin rapat evaluasi capaian pelaksanaan vaksinasi Anak 6 – 11 tahun.

Rapat evaluasi yang berlangsung di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Senin (31/1/2021) dirangkai dengan pemberian piagam penghargaan kepada enam kepada sekolah yang berhasil mensukseskan vaksinasi anak dengan target percapaian 70 persen.

Piagam penghargaan itu diserahkan langsung Plt Bupati Padanglawas, bersama Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi.

Adapun Kepala Sekolah SD dan MIN yang telah mencapai zona hijau dengan capian vaksinasi diatas 70 persen yang menerima piagam penghargaan antara lain, zona Sosopan, SDN 0302 Hulim Kecamatan Sosopan dengan capaian 94,17% dan zona eks Barumun, SDN 0510 Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun dengan capian 91,91%.

Selanjutnya, zona eks Barumun Tengah SDN 1203 Padang Hasior, Kecamatan Sihapas Barumun dengan capian 94,48 %, zona Sosa SDN 0801 Pinarik Kecamatan Batang Lubu Sutam dengan capaian 91,17%.

Sedangkan untuk tingkat Madrasah, MIN Parannapa Jae Kecamatan Barumun Barat dengan capaian 92,59% dan terakhir Sekolah Perdana vaksinasi SDN 0725 PTPN IV Lubuk Bunut Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Plt Bupati Padanglawas, mengatakan pemberian vaksin kepada anak usia 6-11 tahun berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.01.07/Menkes/6688/2021.

Dikatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari Covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

"Kita harus mendukung vaksinasi anak 6-11 tahun untuk meningkatkan percaya diri orang tua untuk menyekolahkan anaknya sehingga tidak khawatir karena sudah terlindungi oleh vaksin Covid-19,” katanya di hadapan Kepala Sekolah yang hadir.

Lebih lanjut kata Plt Bupati, untuk memulai vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun diperlukan data jumlah anak usia 6-11 tahun per kecamatan/desa dari Disdukcapil dan juga data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait jumlah peserta didik di tingkat SD Negeri maupun SD.

“Kita bisa manfaatkan forum ini terkait apa yang menjadi kendala kita selama ini, kita tidak ingin adanya kesalahan baik disengaja maupun tidak terulang ditahun 2022," tegas Plt Bupati.

Ia menambahkan, pada intinya evaluasi yang dilaksanakan bertujuan ingin melihat dan memperbaiki kinerja kedepan. Baik terkait masalah data dan lainnya akan diatur secara strategis dengan baik dalam pencapaian vaksinasi.

Sebelumnya Kadis Kesehatan Kabupaten Padanglawas, dr Ummy Sahara Matondang menyampaikan, syarat untuk melaksanakan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun adalah apabila cakupan vaksinasi Covid- 19 dosis I sudah mencapai 70%.

Kemudian cakupan vaksinasi lansia mencapai lebih besar dari 60%, setelah persyaratan itu terpenuhi maka Kemenkes RI akan mengeluarkan surat keputusan bahwa di Kabupaten Padanglawas boleh melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 Tahun,terangnya.

"Di kabupaten Palas cakupan vaksinasi dosis pertama terpenuhui mencapai 70% ditambah cakupan vaksinasi dosis untuk lansia kita baru 59,1% insyaallah dalam waktu dekat kita bisa mencapai target 60%," katanya.

Dikatakan, pihak jajaran kesehatan bersama TNI - Polri mendukung capaian pemberian vaksin kepada anak usia 6-11 tahun akan dapat segera terlaksana.

"Tujuan vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi, kemudian mencegah penularan pada anggota keluarga yang belum divaksinasi atau mempunyai resiko terinfeksi serta mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka(PTM)," ujar Ummy seraya menambahkan juga untuk mempercepat tercapainya Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

Salah seorang Kepala Sekolah yang menerima piagam penghargaan, SDN 0302 Hulim Kecamatan Sosopan, Nopida Hannum menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt Bupati Palas dan Kapolres Palas yang telah memberikan penghargaan kepada pihak sekolah.

"Ini semua tidak terlepas kerja keras dan keberhasilan capaian vaksinasi anak di lingkungan sekolah yang tidak terlepas juga dukungan orangtua siswa yang ikut mensukseskan program vaksinasi untuk mencapai 100 %," katanya.

Selain dihadiri seluruh Kepala Sekolah tingkat SD dan MIN se Kabupaten Palas juga hadir di kegiatan rapat evaluasi.

Hadir juga Kabag OPS Polres Palas, Alsem Sinaga SIP MH dan Kapolsek jajaran Polres Palas, Pabung Kodim 0212/TS, Kapten Arh Soleh Hasibuan, Asisten I Pemerintahan H.Panguhum Nasution MAP,Kepala Isnpektorat, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP MSi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Palas, Rosida Wati Suriani SPd, Kepala Puskesmas serta anggota Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Palas.