PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si, membantu biaya perobatan warga kurang mampu asal Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun, Jumat (28/1/2022). Pasien diketahui bernama Sayuti Siregar (45), didiagnosis mengidap liver bengkak di RSUD Sibuhuan.

Pemberian bantuan ini dilakukan Bupati usai pemantauan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan di dampingi Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan bersama Ketua Baznas, H Abdul Haris.

Dihadapan Plt Bupati, istri Sayuti, Fatimah Sari (43) mengatakan, suaminya telah lama menderita sakit, bahkan telah berobat kemana-mana, baik medis, namun tidak berlanjut akibat ketiadaan biaya.

"Awalnya, suami hanya merasa sakit sakitan di bagian perut, namun hari demi hari sakitnya semakin parah, dan atas saran keluarga akhirnya pada Maret 2020 kami bawa berobat ke Rumah Sakit Permata Madina di Sibuhuan," ujar Fatimah.

Setelah diperiksa, menurut hasil diagnosa dokter, suaminya menderita penyakit usus turun dan dianjurkan untuk dioperasi.

Kata dia, hampir 3 minggu dirawat di Rumah Sakit Permata Madina. Setelah diizinkan pulang dan sakit di bagian perut sudah hilang, tetapi sebaliknya sering merasa sakit kepala.

"Di bagian perut suami saya semakin hari semakin membengkak. Begitu juga kakinya sebelah kanan dan kakinya sebelah kiri semakin kurus," katanya.

Maka di Desember 2021, sambungnya, sang suami kembali berobat ke Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan, dan dokter menjelaskan sudah terserang penyakit liver bengkak.

Pasien juga disarankan dirujuk ke rumah sakit di Medan, tetapi ketiadaan biaya akhirnya tetap dirawat di rumah saja.

"Upaya berobat di sana belum berhasil dan pihak dokter menyarankan untuk dirujuk ke Medan, akhirnya kami pulang ke rumah," ungkapnya.

Plt Bupati Padanglawas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si, di dampingi Kadis Sosial, H. Achmad Fauzan Nasution dan asisten I, H. Panguhum Nasution, bersama Ketua Baznas Palas, H Abdul Haris, H. Muslihuddin Hasibuan, memberikan bantuan biaya perobatan dan sembako kepada keluarga Sayuti Siregar.

Plt Bupati bersama Baznas Palas turut mendoakan agar Sayuti Siregar segera diberikan kesembuhan dan bisa beraktivitas seperti biasa.

"Kami ikut mendoakan agar Sayuti segera dirujuk ke Medan dan dapat segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali," ujar H.Ahmad Zarnawi saat memberikan bantuan pengobatan kepada Sayuti.

Ia juga mengimbau, bagi dermawan yang ingin membantu bisa langsung mentransfer bantuan ke rekening anak kandungnya, Efrina Siregar ke nomor rekening Bank BRI, 3831 0103 1751 539.

Sementara itu, dr. Erwin, SpPD, tenaga medis RSUD Sibuhuan yang menangani Sayuti Siregar mengatakan, pasien akan dirujuk secepatnya ke Medan untuk ditangani dengan baik.