TOBA - Dalam rangka percepatan pelaksanaan Vaksinasi tahap III Booster, Pemkab Toba Jumat,28/01/2022 bertempat di teras Kantor Bupati gelar Vaksinasi Boster dengan menggunakan jenis vaksin Pfizer khusus untuk para petugas pelayanan publik dengan petugas vaksinator dari Puskesmas Soposuring Balige. dr. Jimmi R. Hasibuan Kepala Puskesmas Soposurung Balige pada pelaksanaan Vaksinasi Boster jenis Pfizer bagi pelayanan publik di Kantor Bupati Toba menyampaikan untuk target vaksinasi yang dilaksnakan per hari Jumat, 28/01/2022 sekitar 250 orang.

Disampaikannya, sesuai perencanaan Vaksinasi Booster akan dilakukan secara bertahap untuk beberapa hari kedepannya, dan bukan hanya untuk hari ini saja. Vaksinasi akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah, untuk guru-guru, dan juga pelayan publik yang lainnya.ujarnya.

Romanuturi Tampubolon, selaku Penanggung jawab kegiatan Vaksinasi yang digelar di Kantor Buoati Tiba Romanuturi Tampubolon dalam keterangan persnya menambahkan, syarat untuk divaksinasi booster ialah, minimal 6 bulan dari tanggal vaksin kedua, dan dalam kondisi fisik yang sehat.

Lanjutnya, sedangkan untuk calon penerima vaksin dengan pengidap penyakit bawaan (komorbid) diarahkan untuk meminta rekomendasi dari dokter yang berwenang terlebih dahulu.

Dicontohkannya, seperi penderita penyakit ginjal harus meminta surat rekomendasi dari dokter spesialis penyakit dalam, apabila ingin divaksin.

Ditambahkan Romanuturi, "usai penerima vaksinasi Boster di suntik nantinya Peserta penerima vaksin mungkin akan merasa dan mengalami pegal di sekitar bagian tangan atau lengan yang disuntik, untuk itu usai di vaksin dianjurkan harus istirahat, serta banyak minum air putih hangat," sebutnya.