PALAS - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Padanglawas (Palas) terus aktif melaksanakan kegiatan kebersihan tumpukan sampah buangan warga yang berada di sekitar lokasi Desa Hutanopan, Kecamatan Lubuk Barumun.


Kadis DLHK Palas Ongku Bosar Daulay disela kegiatan pembersihan sampah menghimbau masyarakat di Kecamatan Lubuk Barumun agar jangan membuang sampah sembarangan tempat khususnya disimpang jalur dua Desa Hutanopan.

Menurutnya tumpukan sampah buangan warga yang dibuang disembarang tempat berdampak mempersempit bahu badan jalan dan juga dapat mengundang berbagai penyakit yang ditimbulkan dari sampah.

"Mari kita bangun kesadaran yang tinggi untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat yang berdampak negetif terhadap kesehatan dan pandangan," imbaunya mengajak warga Kecamatan Lubuk Barumun, Kamis (27/1/2022).

Dikegiatan kebersihan sampah di sekitar lokasi Desa Hutanopan hadir Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap. S.Sos didampingi Sekcam, RH. Adday Robi Harahap, SH.

"Pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun meminta warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dari berbagai sampah sebagai upaya melestarikan budaya bersih dan sehat," imbau Camat ke seluruh warga Kecamatan Lubuk Barumun.

Kata Camat, dilokasi tumpukan sampah yang telah dibersihkan pihak DLHK dan Pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun telah dipasang plank himbauan "Dilarang membuang sampah ditempat ini".

"Apabila masyarakat tidak mengindahkan imbauan ini dengan tetap membandel menbuang sampah dilokasi ini, akan diberikan sanski teguran atau peringatan sebagai bentuk pelanggaran percemaran lingkungan," tegas Sulaiman.