MEDAN - Kolonel Pnb Wastum, S.E., M.M.P., secara resmi menerima tongkat estafet kepemimpinan sebagai Komandan Pangkalan Udara TNI AU Soewondo menggantikan Kolonel Pnb JH Ginting, S.Sos, dalam kenal pamit yang berlangsung di Lanud Soewondo, Senin (24/1/2022) di Lapangan Shelter Charlie Landasan Udara Soewondo. Sedangkan Kolonel Pnb JH Ginting, S.Sos kini menjabat sebagai Komandan Wing Taruna (Danwingtar) Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Pada acara tersebut, hadir juga keluarga besar Mitra Pangkalan TNI AU Lanud Soewondo yang dipimpin Ferdinan Ghodang SE SH MH berikut para jajaran pengurus.

Ketua Umum Mitra TNI AU Lanud Soewondo, Ferdinan Ghodang SE SH MH mengucapkan banyak terimakasih atas sinergitas organisasinya dengan TNI yang telah terjalin sejak TNI AU dipimpin Kolonel Pnb JH Ginting, S.Sos.

"Kiranya sinergitas dan soliditas yang telah terjalin baik selama ini, semakin baik lagi ke depan dengan kepemimpinan Kolonel Pnb Wastum, S.E., M.M.P," sebut Ferdinan.

Menurut Ferdinan, sosok Kolonel Pnb Wastum, S.E., M.M.P., dikenal sebagai sosok yang ramah dan sangat bersahabat untuk semua orang.

"Beliau ini satu leting dengan Danlanud yang lama dan saya dengar informasi, Kolonel Pnb Wastum ini juara 1 di kelasnya saat itu. Kiranya sinergitas yang telah terjalin ini dapat lebih baik lagi ke depannya," harap Ferdinan di dampingi Waketum Thamrin SE.

Selain itu, Ferdinan juga mengucapkan selamat jalan kepada Kolonel Pnb JH Ginting, S.Sos yang akan menjabat sebagai Danwingtar AAU Yogyakarta.

"Selamat jalan komandan, semoga diberikan kesehatan, kesuksesan dan kemudahan dalam menjalankan tugas di sana bersama keluarga. Bravo TNI AU," tutupnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Kolonel (Pnb) Wastum, S.E., M.MP. lahir pada 7 Agustus 1974. Dia adalah seorang perwira menengah TNI-AU dan saat ini baru saja melepas jabatan sebagai Komandan Wing Taruna AAU.

Wastum 'Conda', merupakan Alumni SMA Taruna Nusantara Angkatan I, alumnus terbaik Akademi Angkatan Udara tahun 1996 dan lulusan terbaik Sekbang angkatan 56 tahun 1998.

Wastum juga diketahui lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Angkatan 48 tahun 2011, jabatan terakhirnya adalah Korsmin Kasau.

Letkol Pnb Wastum juga diketahui pernah mengawal pesawat Kepresidenan BBJ-2 yang membawa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu negara Ani Yudhoyono di atas point “piala” menuju Lanud Iswahyudi, Madiun.

Aksi escort oleh Foxtrot Flight berhasil diabadikan lewat kamera foto lewat pesawat T-50i Golden Eagle yang diawaki oleh Letkol Pnb Wastum, ketika menjadi Komandan Skadron Udara 15.

Karier militer

- Kasi Lambangja Lanud Iswahjudi
- Komandan Skadron Udara 15
- Pabandyadalkual Paban IV/Binprof Sopsau
- Kalambangja Koopsau I
- Kadispers Lanud Iswahjudi
- Kadisops Lanud Iswahjudi
- Korsmin Kasau
- Komandan Wing Taruna AAU