TOBA - Punguan Pomparan Raja Marpaung Indonesia (PPRMI/Marboni) menggelar kongres nasional, Sabtu (22/1/2022) di Hotel Asley Jalan Wahid Hasim Jakarta Pusat dengan pimpinan Kongres St.Haris Marpaung Pimpinan Punguan Mapaung Wilayah Bali.
Kongres yang dipimpin St.Haris Marpaung dilanjutkan dengan membacakan surat deklarasi peresmian Punguan Pomparan Raja Marpaung Indonesia/Marpaung Boru Indonesia (PPRMI/Marboni) dengan inisiator 18 orang pendiri.

Pantauan Gosumut.com dalam kongres melalui virtual zoom meeting, deklarasi dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang pleno pemilihan Ketua Umum, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum PPRMI/Marboni dengan pimpinan sidang Tunggul Marpaung selaku Ketua/pimpinan Punguan Marpaung wilayah Batam.

Dalam rapat sidang pleno yang digelar Ketua wilayah Punguan Marpaung se Indonesia selaku peserta Kongres diantaranya dari Jokjakarta, Toba/Balige, Kupang/NTT, Jawa Timur/Surabaya, Tarutung/TAPUT, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Simalungun, Kerinci, Padang, Gunung Tua, Kisaran, Labuhan Batu, Tebing Tinggi, Semarang, Sulawesi Utara, Ambon, Jayapura, Sidikalang, Manokwari, Duri, Palangka Raya, Tanjung Balai, Samarinda, Dumai, Rokan Hilir, Sibolga, Pontianak, Padang Sidempuan, Labura, P.Siantar, Asahan, Samarinda, Timika.

Pada kongres nasional terpilih secara aklamasi Ketua Umum PPRMI/Marboni periode jabatan 2022-2026 Kapler Marpaung dengan Sekjend St.Damaris Marpaung dan Bendahara Umum Gabriel Marpaung.

Sebelumnya, pimpinan Kongres Nasional 1 PPRMI/Marboni St.Haris Marpaung melaporkan, pimpinan wilayah Punguan Pomparan Raja Marpaung yang resmi mendukung deklarasi dan Pemilihan Ketua Umum, Sekjend dan Bendahara Umum sebanyak 40 pimpinan wilayah.

Dari 40 Ketua/Pimpinan Wilayah 36 Wilayah setuju dan bersedia ikut serta melaksanakan Kongres Nasional 1 PPRMI/Marboni, 4 wilayah diantaranya abstain.

Usai sidang pemilihan, Ketua Umum PPRMI/Marboni terpilih, Kapler Marpaung dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih atas kepercayaan Wilayah yang telah memilih dan menetapkan mereka menjadi pengurus KSB PPRMI/MARBONI melalui Sidang Pleno Kongres Nasional 1 PPRMI/Marboni.

"Untuk kepemimpinan kami kedepan di PPRMI/Marboni tidak terlepas dari semboyan adat Batak "Dalihan Natolu" (Manat Mardongan Tubu, Somba Marhula Hula dan Elek Marboru) Asah, Asih dan Asuh. Sedangkan untuk program awal kerja kedepan diawali dengan Pembaharuan SK kepengurusan PPRMI/Marboni di setiap wilayah NKRI, mempersiapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk membuat program kerja jangka panjang dan jangka menengah sekaligus persiapan pelantikan kepengurusan PPRMI/Marboni Pusat yang direncanakan akan dilaksanakan di Bona Pasogit Balige serta kedepannya melakukan kunjungan kerja ke wilayah wilayah," tegas Kapler.

Dikesemapatan yang sama Sekretaris Jenderal St.Damaris Marpaung mengajak untuk satu visi dan misi membangun PPRMI menjadi lebih kokoh dan kuat kedepannya di Dunia khususnya Indonesia.

"Semua bisa kita capai melalui kerja sama dan saling mendukung antara Wilyah dan Pusat. Keberhasilan tidak akan bisa kita raih kalau hanya sepihak yang berjuang. Kesuksesan dan keberhasilan kita kelak adalah kerja sama kita," tegas Damaris.