PALAS -  Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi, Sabtu (22/1/2022) meninjau pelaksanaan vaksinasi Merdeka Anak di SDN 0102 Sibuhuan, Kecamatan Barumun. Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilakukan untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, dengan tim vaksinator dari puskesmas Sibuhuan. Vaksinasi ini turut dihadiri Kepala sekolah dan guru -guru serta para orangtua pendamping siswa yang ikut vaksinasi.
 
Kapolres Padanglawas mengatakan, vaksinasi Merdeka anak yang diperuntukkan kepada anak-anak usia antara 6 sampai 11 tahun, untuk guna mendukung tercapainya target nasional vaksinasi anak di daerah ini dengan sasaran 34.112 anak dari 205 sekolah SD dan MI yang melayani vaksinasi.
 
"Target vaksinasi Merdeka anak ini bertujuan untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai dilaksanakan 100% sepekan  ini dan melindungi anak-anak dari keterpaparan Covid -19 khususnya varian baru yaitu Omicron yang perkembangannya cukup cepat," tuturnya.
 
Menurut Kapolres, sebelum vaksinasi Merdeka anak dilaksanakan, petugas vaksinator melakukan proses registrasi, kemudian cek tensi, skrening, cek suhu badan serta menanyakan keluhan sebelum melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.
 
"Setelah divaksin peserta dipersilahkan istirahat selama 15 menit untuk observasi," terang AKBP Indra Yanitra Irawan.
 
Lebih lanjut ia menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi Merdeka anak tersebut pihaknya tetap menekankan pentingnya protokol kesehatan dengan menerapkan 3M guna pencegahan penyebaran Covid-19.
 
" Walaupun sudah divaksin,anak -anak diharapkan tetap disiplin patuhui prokes sebagai upaya melindungi diri dari penyebaran Covid-19," ungkapnya.
 
Ia berharap para orangtua berperan aktif mengajak anak - anak untuk divaksin sebagai upaya perlindungan diri dan kesehatan anak juga untuk optimal kegiatan pembelajaran tatap muka.