SIANTAR  - Sebanyak 300 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, mengikuti vaksinasi. Kalapas Kelas IIA Siantar Rudy Fernando Sianturi menerangkan sudah sekitar kurang lebih 1.750 WBP yang mendapatkan vaksinasi, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

"Jadi kita beharap seluruh WBP akan mendapatkan vaksinasi. Hal ini adalah salah satu langkah penyebaran virus covid-19 maupun varian virus baru omicron di Lapas Kelas IIA Siantar," terangnya, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, Rudy juga menerangkan, ada upaya lain yang akan dilakukannya. Yakni dengan cara menyemprotkan kepada kamar dan jeruji, kemudian membagikan masker, vitamin kepada WBP.

Sedangkan untuk tahanan baru yang akan dititipkan, Rudy menyatakan akan melakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu dan akan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari diruang kamar isolasi, sebelum berbaur dengan WBP lainnya.

"Bahkan sampai hari ini, kita meniadakan layanan kunjungan di selurub Lapas di indonesia dan hanya melakukan pelayanan penitipan barang dan makanan," ujarnya.

Kalapas juga tak henti-hentinya berterimakasih kepada Kapolres Simalungun dan team BIDOKES Polres sebagai Vaksinator yang sudah memberikan kesempatan kepada WBP untuk mendapatkan Vaksinasi.

"Dan untuk mencapai terbentuknya Imunitas tinggi (herd Immunity) di Indonesia khususnya untuk Masyarakat rentan (WBP) di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar baik petugas dan keluarga petugas," tutupnya.