ASAHAN - Warga Dusun VI, Desa Sei Alim Hasak, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, dihebohkan karena adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang telah meresahkan. Para warga mesti bangun dari tidur di waktu dini hari pada Rabu (12/1/2021) karena ODGJ tersebut mengamuk dengan membawa senjata tajam jenis parang (golok).

Selain merusak tanaman jenis bunga milik warga, ODGJ tersebut juga mengancam warga dengan cara mengacungkan parang yang dipegangnya.

Bahkan, ketika hendak sholat Subuh, warga sempat berlarian dari musholla karena dikejar ODGJ dengan menggunakan parang.

Dari itu warga sekitar langsung menghubungi Kapolsek Air Batu, Polres Asahan agar segera ditindak demi kenyamanan masyarakat.

Tak lama kemudian, Kanit Reskrim Polsek Air Batu beserta anggota tiba ke lokasi. Petugas berupaya mengamankan OGDJ tersebut dan mengambil senjata tajam yang dipegang dengan erat.

Kapolsek Air Batu, AKP Rusli Damanik saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap ODGJ sedang berkeliaran itu.

"Awalnya ada laporan dari warga bahwa ada orang yang sangat membahayakan dengan membawa parang. Kemudian saya perintahkan Kanit Reskrim beserta anggota untuk datang ke lokasi. Setelah diketahui ternyata orang tersebut adalah ODGJ," terangnya.

Setelah ditangkap petugas, kata Kapolsek, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kepala Dusun setempat agar dapat menghubungi keluarganya karena diketahui ada keluarga ODGJ tersebut yang juga tinggal tak jauh dari lokasi.

"Pihak kita sudah berkoordinasi dengan Kepala Dusun setempat. Kemudian memanggil keluarga ODGJ itu. Dengan keluarganya dipinta agar melakukan tindakan dan dipinta agar ODGJ itu diurus," jelas Kaposek.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan bahwa kepada keluarga ODGJ itu, Petugas menghimbau agar segera membawa ODGJ itu ke rumah sakit jiwa.

"Sudah kita imbau keluarganya agar segera membawa ODGJ ini ke rumah sakit jiwa supaya mendapatkan perawatan intensif," ujar AKP Rusli Damanik.

Kapolsek pun mengatakan, tindakan cepat dari pihaknya merupakan bentuk pelayanan dan perlindungan kepolisian kepada masyarakat. Dirinya berkomitmen akan berupaya semaksimal mungkin untuk melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.

"Ketika ada masalah Kamtibmas, jangan sungkan untuk menghubungi kami. Kami siap melayani dan melindungi masyarakat. Kami tetap berupaya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat," pungkasnya.

Sementara, Boimin warga Dusun VI, Desa Sei Alim Hasak, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan mengapresiasi kinerja Polsek Air Batu. Ia menilai kepedulian Polsek Air Batu sangat tinggi terhadap keamanan masyarakat.

"Cepat dan sigap Polsek Air Batu ini. Mereka mampu menangkap ODGJ dengan cara yang tidak kasar. Kami sendiri kebingungan, kami gak berani menangkap ODGJ itu. Untung aja ada polisi, sudah aman sekarang. Terimakasih untuk Polsek Air Batu yang telah berupaya mewujudkan rasa aman bagi kami," ucapnya.