PALAS - Personel Polres Padanglawas memperketat pemeriksaan dan pengamanan di setiap Pospam Nataru untuk mengantisipasi tindak kejahatan jalanan menjelang tahun baru 2022.
Pengamanan tersebut terus diperketat yang diimbangi dengan patroli rutin di semua titik rawan kejahatan dan kawasan laka lantas di jalan umum.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kasat Lantas, AKP Alfian Arbi mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengamanan di jalan umum dan gereja-geraja di wilayah Sosa sekitarnya.

"Hal itu kita lakukan guna menciptakan rasa aman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tahun baru dan kegiatan ibadah," terangnya, Kamis (30/12/2021).

Untuk memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan perjalanan maupun ibadah, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan juga turut melakukan pemeriksaan di sejumlah gereja gereja yang melaksanakan ibadah.

"Kita juga sudah menyiagakan sejumlah personel di gereja gereja sampai menjelang H - 1 tahun baru, sebagai bentuk memberikan kenyamanan bagi setiap umat Nasrani yang melaksanakan ibadah," jelasnya.

Bentuk pengamanan yang dilakukan, lanjutnya, dengan cara memeriksa setiap orang yang datang beserta barang bawaan pelaku perjalanan dan para jemaat nantinya.

“Petugas akan menyeleksi semua pelaku perjalanan yang masuk ke daerah Palas dan para jemaat yang datang ke gereja gereja untuk ibadah," kata Alfian.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut perlu dilakukan untuk memastikan para perjalanan tidak membawa barang bawaan yang terlarang dan lainnya.

Karenanya, petugas merasa perlu untuk melakukan antisipasi melalui pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan pelaku perjalanan dan jemaat yang melakukan ibadah guna antisipasi dari berbagai kemungkinan yang menimbulkan ketidakkondusifan.

Ditanya adanya penyekatan di setiap jalur pintu masuk Kabupaten Palas, AKP Alfian Arbi menegaskan tidak ada penyekatan. Tetapi pemeriksaan diperketat sebagai antisipasi pengamanan nataru.

"Pengamanan secara ketat, diberlakukan di semua pintu masuk gereja pada kegiatan ibadah dan pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metal detector," katanya.