Tak terasa sudah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) memasuki usia yang ke 31 tahun. Seiring berjalan waktu, JNE terus memberikan inovasi pelayanan kepada konsumen dalam urusan jasa kepabeanan terutama import dan pengiriman tepat waktu kepada masyarakat. JNE yang didirikan pada 26 November 1990 kini sudah genap berusia 31 tahun. Seiring berjalannya waktu, JNE tak pernah lepas memberikan pelayanan kepada konsumen meskipun ditengah wabah pandemi Covid-19 yang hampir dua tahun melanda tanah air.

Namun bukan berarti memberikan pelayanan kepada para konsumen semakin melemah, tapi kecepatan dan keandalan dalam pengiriman ditengah pandemi semakin menggeliat, terutama bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sehingga mampu memberikan inovasi pelayanan para konsumen yang konsisten dan bertanggung jawab.

Hal ini terbukti JNE salah satu pelayanan yang terbaik di seluruh Indonesia, baik kecepatan dan keandalan layanan yang konsisten dan kredibilitas yang semakin tinggi di mata pelanggan terutama para konsumen.

Diusia 31 tahun, kinerja JNE semakin tumbuh berkembang terutama di kalangan dunia usaha maupun masyarakat dalam peningkatan investasi asing, pertumbuhan ekonomi maupun perkembangan teknologi sampai beragam inovasi segala produk yang terus dikembangkan.

Tak hanya itu, JNE selalu mengedepankan para konsumen terutama kepada UMKM dalam perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat tentang permintaan penanganan kiriman import seperti paketan kecil dan pengiriman paket dokumen yang terus semakin berkembang di era digital.

Hal ini menjadi peluang besar jika JNE bersama UMKM Indonesia mampu mendorong dan memperluas jaringannya ke seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Seperti yang dilansir Jne.co.id, hingga saat ini JNE telah memiliki 6.000 lokasi dan terus akan bertambah dengan menaungi sebanyak 40.000 karyawan. Bahkan lebih dari 150 lokasi JNE sudah terhubung dengan sistem komunikasi secara online, sehingga JNE mampu mengakses situs informasi yang efektif serta efisien bagi para konsumen dalam upaya mengetahui status terkini pengiriman paket maupun dokumen guna menjembatani kebutuhan Stakeholders, konsumen, marketplace, fintech maupun yang lainya.

Program VSI dan Misi, JNE Meraih Penghargaan

Dalam dunia bisnis usaha perlu mengedepankan sumber daya manusia dan sekaligus teknologi guna menjaring pengembangan pengiriman kepada para konsumen. Hal ini tidak terlepas perusahaan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang terus berkontribusi menunjang gaya hidup di era digital.

Dikutip dari Jne.co.id, perusahaan ini mampu memiliki keahlian dan keandalan dalam berkomitmen, sehingga mampu meraih berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO.9001: 2008 atas sistem manajemen bermutu.

Hal ini tidak terlepas memiliki program bermutu yang dilakukan JNE yaitu definisi, ketentuan tentang syarat standar pengiriman, tata cara pengiriman, pemeriksaan kiriman, kiriman yang dilarang, jaminan kepemilikan kiriman, asuransi, ganti rugi, keadaan kahar, tata cara klaim, hukum dan penyelesaian lainnya.

Selain itu, perusahaan ini juga merupakan salah satu anggota terdaftar di Asosiasi IATA (International Air Transport Association), ASPERINDO (Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia), Agen Maskapai Penerbangan dan tunduk pada ketentuan yang berlaku khusus Penyelenggara POS.

Tak hanya itu, JNE juga merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, sehingga perusaan ini menjadi nama diresmikan adalah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE).

Perusahaan PT Tiki JNE yang didirikan pada 26 November 1991 oleh H. Soeprapto Suparni yang dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional. Bahkan awal mulanya hanya dengan memakai delapan orang dan kapital 100 juta rupiah.

Namun disisi lain, JNE mulanya melonjak karirnya dalam mengikuti usahanya yang terpusat pada penanganan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia pada tahun 1991, silam.

Dan perlu diketahui, JNE juga mampu memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi di beberapa perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong. Kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Hal ini terbukti dengan visi JNE, menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Sedangkan misi JNE untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

Adapun Visi JNE yaitu menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia sukses hanya dapat dicapai melalui kerjasama usaha integral dalam perkembangan. Mendorong proses belajar dan berubah menuju pertumbuhan, kesempurnaan dan pencapaian keuntungan.

Selain itu, menjadi perusahaan internasional yang sukses adalah penting bagi JNE untuk memiliki jaringan usaha yang kuat di Indonesia yang merupakan salah satu negara target investasi dan pasar yang strategis di mata dunia.

Perpaduan layanan pengiriman, kepabeanan, pergudangan dan pendistribusian di bawah satu atap memberikan solusi bagi kebutuhan distribusi dunia 7 perdagangan melalui internet yang akan menjadi gaya hidup masyarakat modern pada abad mendatang.

Sementara itu Misi JNE. Untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten dan Melayani segenap lapisan masyarakat Indonesia baik perumahan maupun perkantoran dan industri melalui jaringan layanan pengiriman ekspres.

Selanjutnya JNE juga memadukan efektivitas, efisiensi dan fleksibilitas jasa yang prima untuk menjadikan JNE pilihan utama dalam pengiriman dokumen, paket dan kargo peka waktu di Indonesia dan terakhir menjadi sebuah perusahaan jasa ekspres nasional berstandar layanan internasional.

Di Era Digital, Pelayanan JNE Mampu Bantu Perekonomian Masyarakat

Dalam dunia bisnis, seorang pebisnis dituntut harus mampu menciptakan suatu pekerjaan yang dapat menghasilkan dan berdaya guna bagi sesama. Sehingga kita harus mampu memiliki pengalaman yang luas dalam menghasilkan gagasan yang dapat meningkatkan UMKM.

Dengan kehadiran JNE ditengah masyarakat, hal ini semakin membantu segala bisnis terutama bagi UMKM, sehingga mampu mendorong perekonomian bagi para konsumen untuk seluruh Indonesia.

Hal ini terbukti, ketika awak media GoSumut.com melakukan wawancara eksklusif kepada konsumen yang menjalani usaha hampir 2 tahun pemesanan jasa JNE.

Siti Nurmayangsari (30) seorang ibu rumah tangga berdomisili Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara mengaku puas dengan pelayanan petugas JNE yang selalu menunjukan sikap yang ramah dalam memberikan pengiriman paketan hingga sampai tujuan.

"Saya hampir 2 tahun bisnis usaha baju, hampir merata saya pesan paketan selalu pengiriman melalui jasa JNE. Selain cepat pengiriman, sikap petugasnya juga ramah, bahkan pesanan kami dalam kondisi aman," sebut Mayang Sari, Jumat (24/12/2021) siang.

Ia juga mengaku, jika memesan dagangan selaku berpesan kepada grosir pakaian, untuk pengiriman paketan harus melalui jasa JNE, karena petugas sudah tak sulit lagi mencari tujuan pengiriman.

"Ada 4 grosir yang saya belanja setiap bulannya yaitu dari Asahan, Tebingtinggi, Medan, Surabaya, hampir merata paketan pengiriman menggunakan jasa JNE, waktu cepat, singkat dan tak perlu lama hingga sampai ke tujuan. Sehingga putaran usaha kita mampu untuk meningkatkan perekonomian khususnya bagi kalangan UMKM seperti kami ini," ungkapnya.

Siti juga merasa bangga dengan adanya Jasa JNE tersebut, sehingga bisa mempermudah pekerjaan dan melancarkan segala macam urusan terutama dalam bidang usaha, sehingga dia sebagai pedagang tak perlu repot untuk menjemput pesanan.

"Ini bentuk nyata di era digital yang semakin canggih, sehingga bisa membantu bagi kalangan UMKM untuk seluruh Indonesia guna meningkatkan perekonomian. Mudah mudahan kedepan JNE terus eksis dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Sementara itu, Muhammad Arifin warga Desa Sei Suka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utaram mengaku bangga dengan pelayanan petugas pengiriman paketan yang tidak pernah mengecewakan bagi para konsumen.

"Bangga kita melihat petugas JNE sebagai salah satu agen pengiriman barang yang tepat waktu dan sangat membantu masyarakat. Selain biaya pengiriman terjangkau, barang kiriman juga terjamin keamanannya," ujar pria berusia 25 tahun itu.

Pria yang bekerja sebagai Tenaga kontrak di Pemerintah Serdang Bedagai juga berbagi pengalaman kepada rekan kerjanya. Menurutnya, jika pemesanan takut tidak sampai, maka pakailah jasa JNE.

"Diantar sampai tujuan dalam kondisi aman," tambahnya.

"Awalnya rekan kerja saya selalu mengeluh tentang pesanan yang tak kunjung sampai. Namun setelah saya beritahukan untuk memakai jasa JNE, keesokan harinya rekan kita menyampaikan, benar pesanan saya pakai Jasa JNE dari Surabaya tiga hari udah sampai ke rumah. Ditambah lagi petugas sangat ramah," ungkap M Arifin menceritakan pengalaman rekan kerjanya.

“Mudah mudahan di Hari jadi ke 31 tahun, JNE terus memberikan yang terbaik khusus para konsumen di seluruh tanah air,” pungkasnya.

David salah satu Onwer JNE mengakui jasa JNE yang hampir 2 tahun ditekuni tidak pernah adanya problem permasalahan bagi kalangan para konsumen. Bahkan dirinya selalu mendapatkan pujian bagi para konsumen.

"Sudah hampir 2 tahun saya tekuni sebagai jasa pengiriman JNE. Selama menjadi owner JNE, belum pernah mendapatkan problem bagi para konsumen penerima maupun pengirim. Bahkan malah dapat pujian dari mereka," papar David saat diwawancarai GoSumut di kantornya yang berlokasi di Simpang Matapao, Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu, Serdang Bedagai.

Selaku owner JNE, dia juga harus bersikap baik dan sopan. Itulah kunci utamanya.

"Jika kita baik, pasti para konsumen penerima maupun pengirim akan terus bertambah. Mudah mudahan kedepannya di HUT ke 31 tahun JNE terus eksis dan bertambah cemerlang," pungkasnya. 

#JNE31tahun #JNEMajuIndonesia

Penulis adalah wartawan GoSumut