PALAS - Momen Peringatan Hari Ibu ke 93 yang digelar Pemerintah Kecamatan Sihapas Barumun diwarnai dengan lomba memasak oleh ibu ibu PKK Kecamatan dan desa. Peringatan Hari ibu berlangsung di halaman Kantor Camat Sihapas Barumun yang dihadiri Ketua Pokja III Kabupaten Palas, Kepala Sekolah dan Ketua MUI Kecamatan Sihapas Barumun.

Camat Sihapas Barumun, Lelliana Harahap mengatakan, memaknai peringatan hari ibu tidak hanya sekedar ucapan, tetapi menjadi momen pengakuan atas peran kaum perempuan dalam berbagai sektor pembangunan di era globalisasi yang serba digital ini.

Sesuai tema yang diusung pada peringatan hari ibu tahun 2021 'Perempuan Berdaya Indonesia Maju', dia berharap, peran ibu harus mampu berjuang untuk menjadikan anak anaknya menjadi manusia yang mempunyai berbagai kemampuan ilmu di dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kaum perempuan itu merupakan agen perubahan (agen of change). Jadi harus mampu menjadi sosok yang mandiri, tangguh, kuat, semangat dan tidak mudah menyerah," kata Lelliana, Kamis (23/12/2021).

Lelliana mengingatkan, sosok Kartini betapa hebatnya sebagai pejuang emansipasi wanita di zaman penjajahan. Dia tetap tegar dan kuat untuk terus berjuang membela kaum perempuan.

"Mari kita petik beberap hal positif untuk menjadi motivasi kedepan, bahwa jasa seorang tiada bandingan untuk mendidik anaknya menjadi mandiri, tangguh dan kuat sebagai manusia yang berguna kepada kedua orangtua dan bangsa," pungkasnya.