PALAS - Pemkab Kabupaten Padanglawas(Palas) melalui Dinas Kesehatan bersama Forkopimda melakukan razia vaksinasi di pusat keramaian lapangan Merdeka Sibuhuan bagi masyarakat yang belum divaksinasi, Senin malam (20/12/2021). Dalam kegiatan razia tersebut ditemukan ada puluhan warga yang kedapatan belum divaksin.

Sepuluh warga yang belum vaksin itu langsung digiring petugas Satpol PP dan Damkar untuk divaksin oleh tim vaksinator Dinkes Palas yang disiapkan di lokasi lapangan Merdeka Sibuhuan.

Plt Bupati Padanglawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si yang memimpin langsung kegiatan razia vaksinasi mengatakan seluruh warga yang ada di lokasi pusat keramaian malam ini diperiksa sertifikat vaksinnya melalui handphone android atau kartu sertifikatnya.

"Dari lokasi tersebut kita masih menemukan sekitar 10 orang yang belum divaksin, dan langsung di vaksin di tempat,” ujarnya.

Lanjut Plt Bupati, hal ini dilakukan pihak Pemda bersama Forkopimda sebagai tindakan persuasif untuk memberi kesadaran bagi warga bahwa pentingnya vaksin untuk menjaga kesehatan dan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Rencananya razia vaksinasi ini akan terus berlangsung di semua titik lokasi objek vital dan pusat -pusat keramaian yang ada di setiap wilayah Palas," ungkap Zarnawi.

Ia menambahkan Pemkab Palas bersama Forkopimda akan terus melakukan razia vaksinasi yang diperluas kesemua titik wilayah tanpa terkecuali di pusat -pusat perbelajaan dan objek vital seperti perbankan dan lainnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.M.Si yang ikut langsung dalam kegiatan razia vaksinasi bagi masyarakat.

Ia menjelaskan tidak hanya warga dipusat keramian saja yang dirazia tetapi pengendara jalan raya juga akan dilakukan pemeriksaan sertifikat atau kartu vaksinnya.

"Bagi siapa saja yang belum divaksin dengan kesadaran sendiri boleh datang ke sentra-sentra pelayanan vaksinasi untuk divaksin tanpa harus dirazia dulu baru mau vaksin," beber Kapolres.

Kapolres menambahkan untuk dosis satu atau dosis dua akan tetap dilayani dengan baik oleh petugas vaksinator sebagai upaya pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di masa pandemi saat ini.

Hadir di kegiatan razia vaksin, Perwira Penghubung Kodim 0212/TS, Kapten Arh Saleh Hasibuan, Sekda Arpan Nasution, Pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas, Plt.Kadis Kesehatan,dr Ummi Sahara Matondang,. Personel Kepolisian Polres Palas dan Polsek Barumun serta personel Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas.*