PALAS - Sebanyak 50 anak kurang mampu di Kecamatan Sosa mengikuti khitanan massal gratis yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Basznas) Kabupaten Padanglawas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Palas. Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si di Puskesmas Pasar Ujung Batu Sosa, Kecamatan Sosa, Selasa (21/12/2021) yang dirangkai dengan pemberian santunan dan perlengakapan peralatan sekolah kepada peserta khitanan massal.

Zarnawi menyampaikan, program Baznas yang bekerjasama dengan Dinkes Palas ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian bagi warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Sosa.

"Pelaksanaan khitanan massal ini patut kita apresiasi sebagai kegiatan mulia yang cukup membantu masyarakat dimasa pandemi Covid 19 saat ini," ujar H. Zarnawi.

Ia juga mengatakan, berkhitan merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yang wajib dilakukan kaum laki-laki yang telah memasuki usia remaja.

Ha ltu dipandang dari sisi agama, karena fungsi khitan mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik, sehingga dalam melaksanakan ibadah menjadi lebih baik.

Dari sisi medis, lanjut dia, khitan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan karena telah membuang salah satu anggota tubuh yang menjadi tempat sembunyinya kotoran, virus, bakteri dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

"Saya berharap, melalui bakti sosial pelayanan khitanan massal akan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat, baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan, bakti sosial khitanan massal ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu.

Ketua Baznas Kabupaten Palas, H.Abdul Haris mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Palas melalui Dinas Kesehatan yang telah memberikan bantuan medis berupa obat-obatan dan juga penangananan kegiatan khitanan massal.

Haris menjelaskan, seluruh peserta khitanan massal itu diberikan uang santunan dan perlengakapan alat alat sekolah bagi setiap anak yang di khitan.

"Semoga anak anak yang telah dikhitan lebih giat belajar dan menjadi orang yang beguna bagi kedua orangtua serta bangsa sebagai generasi penerus yang berakhlak mulia," harapnya.

Hadir juga Plt. Kesehatan Palas, dr.Ummi Sahara Matondang, Pengurus Baznas Kabupaten dan Kecamatan dan Kabag Humas dan Protokol, Alianda Lubis dan para orang tua dari anak-anak yang dikhitan.