PALAS - Satu unit rumah semi permanen milik Syafaruddin Hasibuan(40) warga Desa Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padanglawas, hangus terbakar, Senin (20/12/2021). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, bangunan rumah semi permanen beserta isinya ludes hangus terbakar.

Kepala Satpol PP dan Damkar Palas Agus Saleh Saputra Daulay melalui Kabid Damkar M.Halomoan Siregar di dampingi Kasi Damkar Fahri Nasution mengatakan, satu rumah warga semi permanen hangus terbakar sekira pukul 13.30.

“Api dengan cepat menghanguskan rumah beserta seluruh isinya. Kerugian ditaksir mencapai RP 150 juta," kata Halomoan.

Mengetahui adanya informasi kebakaran rumah warga, lanjut dia, petugas pemadam kebakaran dengan cepat meluncur ke TKP untuk menjinakkan kobaran api yang terus meluas.

"Satu unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan dengan petugas lengkap untuk menjinak kobaran api yang membakar rumah semi permanen tersebut," terangnya.

Fahri menjelaskan, kobaran api berhasil dijinakan satu jam setelah kejadian kebakaran, sehingga tidak meluas ke rumah warga lainnya.

"Penyebab kebakaran itu akibat korsleting arus pendek listrik dan kejadian ini masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian," tandasnya.

Terpisah, Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin mengatakan, penyebab kebakaran diduga hubungan arus pendek arus listrik.

"Terbakarnya bangunan rumah semi permanen terlihat asal mulanya api dari belakang ruang kamar tidur yang menjalar ke seluruh bangunan rumah akibat hubungan pendek listrik," terangnya.