SIBOLGA - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Natura), Pelabuhan Kota Sibolga dipadati ratusan pemudik yang rebutan tiket penyeberangan tujuan Kepulauan Nias. Pantauan di lokasi pada Minggu (19/12/2021), kondisi tersebut telah berlangsung sejak beberapa hari kebelakangan ini. Bukan hanya itu saja, di lokasi juga terpantau pemudik rela bermalam untuk bisa menadapatkan tiket guna menyeberang ke Kepuluan Nias.
 
Ferlina Laia, salah seorang penumpang asal Pasaman, Sumatera Barat, saat di hampiri awak media mengatakan, sudah kurang lebih tiga hari dia menginap di Sibolga menanti mendapatkan tiket kapal penyeberangan.
 
"Dua hari kami menginap baru hari ini kami dapat tiket. Tinggal nunggu kapal, kami berangkat," tutur Ferlina, di Pelabuhan Sibolga. 
 
Terpisah, Nenorius Harefa, yang juga merupakan salah seorang yang menunggu tiket juga mengakui kesulitan mendapatkan tiket hingga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bermalam di Sibolga bersama keluarga.
 
"Dari semalam kami sudah ada sampe di sini (Sibolga). Payah kali dapat tiket. Mudah-mudahan malam ini bisa dapat," kata Nenorius, di loket kapal penyeberangan.
 
Gusti, petugas loket PT. Wira Jaya Logitama (WJL) Lines mengatakan, penumpukan calon penumpang disebabkan aturan pembatasan kapasitas penumpang kapal laut di masa pandemi.
 
"Karena, jumlah penumpang kan dibatasi. Apalagi, ada kapal yang tertunda berangkat karena cuaca buruk," jelasnya.
 
Meski demikian, kata Gusti, seluruh armada kapal penyeberangan milik PT. WJL dioperasikan melayani angkutan penumpang mudik Nataru tujuan Sibolga-Kepulauan Nias.
 
"Kapal kita ada empat. Wira Victoria, Wira Glory, Wira Nauli, dan Wira Ono Niha. Semuanya stand by setiap hari," ungkapnya.