SERGAI - Akses Jalan Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Serdang Bedagai mengalami rusak berat, sehingga akses perekonomian masyarakat terganggu. Pantauan di lapangan, Senin (20/12/2021) akses Jalan Simpang Belidaan menuju Jalan Dolok Masihul merupakan wewenang provinsi tepatnya Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Sergai mengalami rusak berat akibat dampak banjir yang melanda dalam bulan terakhir.

Masyarakat sekitar juga harus ekstra hati-hati saat hendak melintasi jalan tersebut akibat jalan berbatuan dan genangan air yang cukup dalam.

Fauzi Lubis (43) warga Desa Pematang Pelintahan, Sei Rampah mengaku prihatin melihat kondisi jalan provinsi ini.

"Prihatin kali lah bang, melihat kondisi jalan provinsi ini, jalan sangat susah dilewati. Bahkan kita sewaktu melintasi jalan tersebut harus eksra hati hati karena banyak berbatuan dan genangan air yang cukup dalam," papar Fauzi Lubis, seorang pedagang sayur.

Ia menambahkan, hampir merata jalan ini adalah akses perekonomian masyarakat dan berharap agar jalan ini segera diperbaiki sebagaimana layaknya.

"Saya selaku warga Serdang Bedagai bermohon kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi memohon agar segera diperbaiki agar kami bisa lewat sebagaimana layaknya," ungkapnya.

Senada juga dikatakan Ilham (56). Seorang penarik becak bermotor mengakui cukup terganggu dengan kondisi jalan ini.

"Jalan ini sangat menganggu kami sebagai penarik betor. Hampir 2 bulan jalan ini rusak, datang banjir dan nanti surut, bahkan ini datang lagi banjir sehingga jalan ini menjadi rusak berat," papar Ilham.

Ia juga berharap Gubernur Sumatera Utara menanggulangi jalan ini, karena jalan ini cukup sentral yang sering dilalui para pedagang maupun masyarakat lainnya.

"Kami bermohon kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara agar untuk segera memperbaiki jalan provinsi ini seperti sediakala," harap Ilham dengan penuh semangat.

Pitri (16) seorang mahasiswi SMA 1 Negeri Sei Rampah mengaku sangat kesulitan saat melintasi jalan tersebut.

"Jalan ini sangat sulit dilalui bang, setelah terendam banjir dalam bulan terakhir, bahkan jika mau sekolah kami harus membuka sepatu, karena takut basah jika terjatuh," sebut Pitri.

Ia juga berharap agar pemerintah untuk segera perbaiki jalan tersebut, biar kami lancar untuk sekolah. "Mohonlah Pak Gubsu perbaikilah jalan kami ini," terangnya.

Begitu juga Ahmad Irwan (35). Warga Dusun I Cempedak Lobang meminta kepada Pemprovsu segera memperbaiki Jalan Belidaan menuju Dolok Masihul.

"Tolonglah pak, jalan ini semakin rusak berat, sebelum dilanda banjir jalan ini bisa dilalui. Tapi sekarang jalan ini semakin rusak berat dan berbatuan dan genangan air yang cukup, membuat masyarakat harus ekstra hati-hati saat melintasi ditambah lagi pada malam hari," pungkas Ahmad Irwan.