SIABU - Intensitas hujan yang tinggi selama berhari-hari dan meluapnya sungai Muara Batang gadis menyebabkan terjadinya bencana banjir di beberapa Desa wilayah Kecamatan Siabu, Kabupaten Madina. Mendapat informasi bagian wilayah teritorialnya terjadi bencana banjir, Dandim 0212/Tapsel meninjau langsung keadaan wilayah yang terdampak banjir bersama Wakil Bupati Madina dan beberapa orang Kepala Dinas, di Desa Huta Godang Muda Kecamatan Siabu, Kabupaten Madina, Minggu (19/12/2021).

Ditemui langsung dilokasi, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP mengatakan, kedatangannya ke lokasi banjir untuk melihat keadaan situasi terkini wilayah yang dilanda banjir serta sebagai bentuk respon tanggap cepat TNI khususnya Kodim 0212/Tapsel.

"Peninjauan ini kita lakukan untuk membantu serta melihat langsung keadaan warga yang dilanda banjir. Sehingga kita dapat menentukan langkah yang akan diambil bersama Pemda dalam penanggulangan tanggap bencana banjir yang terjadi dimana menyebabkan beberapa rumah warga terendam banjir," ungkap Dandim.

Ia juga menjelaskan, memasuki musim hujan saat ini dengan intensitas tinggi, sangat rawan akan bencana. Karenanya, telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran agar selalu siap dan tanggap bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Saya telah menginstruksikan seluruh jajaran untuk selalu siap dan tanggap bila seketika terjadi bencana, dengan selalu siaga dan memonitoring wilayah binaan bila cuaca ekstrim, dan untuk bencana banjir ini kita telah kerahkan personel Koramil 12/Siabu bersama BPBD untuk membantu warga yang terdampak banjir," tegas orang nomor satu di Kodim Tapsel tersebut

Letkol R.C Sihombing juga mengimbau masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir terutama disekitar bantaran sungai, agar berhati-hati dan selalu waspada. Karena datangnya bencana tidak bisa diprediksi.