PALAS -  Pasca masuk perangkap  BBKSDA Sumut, di perkebunan masyarakat di Desa Siundol Julu, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas ( Palas), kondisi fisik harimau Sumatera liar masih lemah. Saat ini harimau Sumatera tersebut berada di kandang rehabilitasi sanctuary harimau Sumatera Barumun Aek Godang, Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) Sumut.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI, BBKSDA Sumut Darmawan SHut MSc, kepada wartawan, Jumat (17/12/2021) melalui pesan WhatsApp.

Dikatakannya, harimau jantan usia dewasa itu dalam jangka waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. Ini untuk mengetahui secara pasti apakah kondisi harimau itu lemah disebabkan penyakit atau tidak.

“Tadi malam terlihat dari CCTV pemantau harimau tersebut, sudah mau mulai makan pakan yang kami diberikan, tapi kondisinya hingga saat ini masih terlihat lemah entah kenapa tidak mau makan lagi,” sambung  Darmawan.

Mewakili pimpinan, kata Darmawan mengucapkan terimaksih kepada Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Arpan Nasution, anggota DPRD Palas H Lokot Nasution yang telah mensuport dan  mendukung proses penangan teror harimau di Palas.

Sebelumnya tambah dia, terkait teror penangganan harimau yang membuat resah masyarakat di dua kecamatan tersebut melibatkan semua pihak baik masyarakat, TNI, Polri serta pemerintah Kecamatan Sosopan.