TOBA - Curah hujan yang cukup deras dan berkepanjangan membuat kondisi tanah dan pegunungan dikhawatirkan labil dan rawan longsor.

Seperti di Jalan Lintas Sumatera (Janlinsum) tepatnya di Dusun 3 Desa Gurgur Aek Raja Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba, satu unit kenderaan mini bus terbalik setelah terjebak di jalan yang longsor, Jumat (17/12/2021) sekira pukul 04.00 Wib.

Kasat Lantas Polres Toba saat dikonfirmasi gosumut membenarkan peristiwa tersebut benar terjadi.

"Kronologis kejadiannya Jumat (17/12/2021) sekira pukul 04.00 Wib satu unit mobil mini bus jenis kijang kapsul dengan nomor TNKB B 1702 WNE yang dikendarai Andre Marbun (60) warga Jalan Benda RT 7/2 Limo Depok Metro Jaya datang dari arah Siborong-borong menuju Balige dan mengalami laka tunggal terjun masuk ke dalam jalan yang longsor," ujarnya.

Kejadian tersebut lanjutnya, sesuai keterangan saksi korban saat dimintai menjelaskan, setibanya ia di tempat kejadian perkara yang telah longsor tanpa sepengetahuannya.

"Kedalam jalan longsor sedalam sekira 3 meter dan saksi korban tidak mengetahuinya bahwa ada jalan di depan yang longsor. Karena saat itu kondisi cuaca hujan dengan tidak diketahuinya ada jalan yang longsor korban tetap memacu kendaraannya dengan tetap berhati hati. Namun naas tanpa disadarinya ternyata jauh di depannya jalan yang dilintasi telah mengalami longsor sebelumnya sehingga mobil yang dikendarainya tersebut jatuh dan terbalik," ujarnya.

Ditambahkan Kasat Lantas dalam peristiwa kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa. Namun satu dari tujuh penumpang, mengalami luka ringan. Selebihnya, orang dalam kondisi sehat.

Lanjut Kasat Lantas, para penumpang yang ikut serta didalam mini bus tersebut masing-masing; Maruasas Marbun (66) warga Hutatinggi Kecamatan Sipaholon Kabupaten Tapanuli Utara mengalami luka robek di bagian dagu sekitar 3 jahitan.

Kemudian, Retima Boru Marbun (66) warga Dusun IV kelapa tinggi Bakaran Batu Kelurahan Sei Banban Kabupaten Serdang bedagai, Rafilda Agustina Siahaan (14) warga Dusun IV Kelapa Tinggi Bakaran Batu Kelurahan Sei Banban Kabupaten Serdang Bedagai, Aguspen Marbun (38) warga Huta Tinggi Kecamatan Sipaholon Kabupaten Tapanuli Utara, Rikki Marbun (28) warga Huta Tinggi Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara, Berton Manalu (49) warga Pardomuan Kecamatan Parmonangan Kabupaten Tapanuli Utara.

Untuk mengantisipasi terjadinya laka susulan, pihak satuan Lalulintas Polres Toba akunya, langsung memasang rambu pemberitahuan pada kedua sisi arah Janlinsum. Dengan harapan para pengendara lain lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatannya di lokasi kejadian, sembaari menunggu jalan tersebut diperbaiki Dinas terkait.