SERGAI - Bupati Serdang Bedagai, H Darma Wijaya mendukung dan berjanji akan menghadiri sekaligus membuka Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Kabupaten Serdang Bedagai yang direncanakan digelar pada 23 Desember 2021 mendatang. Hal itu disampaikannya saat menerima audiensi Panitia Konfercab dan Pengurus PWI Serdang Bedagai di ruang kerjanya, Kamis (16/12/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan, jajaran pers termasuk PWI sebagai organisasi pers yang profesional wartawan yang ada di dalamnya harus mampu menjadi contoh dalam hal pembuatan sebuah produk jurnalis.

"Kedepannya wartawan harus mampu memberikan kritikan yang baik yang bertujuan untuk agar bisa menjadi maju sebagai wujud komitmen dan turut berkontribusi nyata dalam memajukan di Kabupaten Serdang Bedagai,"papar Darma Wijaya

Bahkan dalam hal ini, Bupati Darma Wijaya mengaku bersedia dikritik dalam konteks membangun agar Sergai Maju Terus.

"Silakan kritik namun tentunya harus tetap profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang jurnalis. Saya juga tidak mau ada yang salah dan keliru malah tidak dikritik wartawan. Jangan mentang-mentang dekat Bupati terus tidak mau mengkritik," ujar Darma Wijaya.

Namun, sambung Darma, kritik yang dimaksud jangan sampai menyudutkan, membuat perpecahan dan sampai bersifat tendensius hanya karena perkara suka atau tidak dan sebaliknya wartawan itu harus bisa menjernihkan sebuah situasi.

"Seperti contoh terkait surat edaran Sekda yang menjadi sorotan, tetap disalahkan. Padahal kita hanya berupa menjalankan program dari Pemerintah Pusat yang wajib kita sukseskan," imbuhnya.

Bang Wiwiek, sapaan akrab bupati, juga mengajak para wartawan untuk memberikan kritik dengan narasi-narasi membangun. Misalkan, membuat sebuah produk berita tentang bagaimana bisa menggali potensi yang ada di Sergai seperti di bidang pariwisata maupun lainnya.

"Serdang Bedagai memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dan Semoga Konfercab PWI berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua PWI Sergai Anwar Efendi Siregar didampingi Sekretaris, Muklis Siregar, Bendahara, Edi Saputra, Ketua Konfercab PWI, Abdul Rahma Manik, Sekretaris Konfercab PWI, Sugiono menyampaikan, Konfercab PWI ini dengan agenda memilih ketua dan membentuk kepengurusan PWI Sergai periode 2021-2024.