TOBA - Kapolda Sumut Irjend Pol Drs Panca Putra RZ Simanjuntak MSi hadir di Mako Polres Toba, sekaligus melakukan Analisa dan Evaluasi (Anev) terkait kesiapan Polres Toba dalam rangka pelaksanaan Pilkades, yang akan digelar 14 Desember 2021.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH mendampingi Kapolda Sumut memimpin pelaksanaan ANEV dengan para PJU dan Kapolsek sejajaran di Aula Harungguan Mardemak Polres Toba, Minggu (12/12/2021).

Dalam laporannya Kapolres Toba memaparkan kepada Kapolda Sumut tentang kesiapan pengamanan berikut perkembangan situasi terkini, hingga jelang hari H Pilkades.

Kapolres Toba melaporkan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 580 personil, untuk pengamanan yang ditempatkan di setiap TPS sebanyak 258 personil, selebihnya dibentuk pleton mobile, pleton standby di setiap rayon serta pasukan taktis.

Kapolres Toba berharap dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades yang akan digelar Selasa (14/12/202), para PJU dan Kapolsek sejajaran tetap eksis mengimbau seluruh masyarakat,tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda dari kecamatan hingga di setiap desa supaya menjauhi pelanggaran hukum sekecil apapun dalam pelaksanaan Pilkades nantinya.

Lanjutnya, untuk selama pelaksanaan Pilkades tetap menghimbauan untuk memtuhi pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19 baik kepada penyelenggara demikian juga kepada seluruh lapisan masyarakat demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama.ujar Kapolres Toba.

Kapolda Sumut dalam arahannya, meminta Kapolres Toba beserta seluruh PJU, Kapolsek, perwira dan jajaran personil Polres Toba mendatakan tingkat kerawanan di tiap lokasi ataupun desa yang akan melaksanakan Pilkades. Sehingga pelaksanaan Pilkades nantinya berlangsung aman dan damai.

Kapolda Sumut juga mengingatkan agar seluruh personil Polres Toba tidak lengah saat bertugas di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan saat menjalankan tugas pengawasan di setiap desa atau lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terpisah Kasi Humas Polres Toba, Iptu Bungaran Samosir saat dikonfirmasi menjelaskan, sesuai pengamatan Polres Toba, ada enam titik yang memiliki potensi tingkat kerawanan pada Pilkades yang digelar di 41 desa.

Tanpa merinci lebih lanjut, ia menyebutkan pihaknya telah melakukan upaya antisipasi dalam hal tindakan dan pengawasannya.