TOBA - Dalam upaya mengamankan Pilkades yang akan dilaksanakan 14 Desember 2021, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya SIK MH memimpin pelaksanaan Analisa dan Evaluasi (Anev) dengan para PJU dan Kapolsek sejajaran Polres Toba, Sabtu (11/12/2021).

Kapolres Toba dalam arahannya meminta seluruh jajaran PJU dan para Kapolsek secepatnya mendata titik rawan di tiap lokasi yang akan melaksanakan Pilkades.

Kapolres juga menegaskan agar jajaran Polsek selalu melakukan sambang terhadap masyarakat agar pelaksanaan Pilkades nantinya berlangsung dengan aman, tertib dan damai.

Ditambahkan Kapolres dalam arahannya sesuai dengan tata letak geografis untuk kekuatan pasukan yang dikerahkan pada 41 Desa di Kabupaten Toba, pihaknya menyiapkan 500 personil.

Dari keseluruhan personil yang dikerahkan 400 personil di antaranya BKO dari Polda Sumut dan Polres Rayonisasi yakni Polres Taput dan Polres Humbang Hasundutan. Para personil ini akan ditugaskan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 41 Desa yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Terpisah Kasi Humas Iptu Bungaran Samosir menyampaikan dengan dilaksanakannya kegiatan ANEV hari ini bersama dengan para PJU dan para Kapolsek, Kapolres tetap mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat baik para tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama/adat di setiap desa menjauhi pelanggaran hukum sekecil apapun dalam pelaksanaan Pilkades nantinya.

"Kami tetap mengimbau supaya seluruh lapisan masyarakat lebih mengutamakan kedamaian serta mengedepankan pelaksanaan protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkades supaya kita tetap terlindungi dan sehat serta terhindar dari paparan wabah pandemi Covid-19 demi keselamatam dan kesehatan bersama," pungkasnya.