SERGAI- Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Dr. Ali Machfud S.I.K, M.I.K memimpin rapat Kordinasi Lintas Sektoral dalam Persiapan Pelaksanaan Operasi Kepolisian terpusat Lilin Toba - 2021 di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula Patriatama Polres Sergai, Rabu (8/12/2021).

Turut hadir Ketua DPRD Kab. Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, Asisten I, Hj Nina Deliana, M.S.i, Ketua MUI Kab Sergai, H Hasful Huznain dan para peserta undangan.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Sergai AKBP Dr Ali Machfud menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Polres Sergai yang akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi OPS Lilin Toba tahun 2021.

Dalam Ops Lilin Toba tahun 2021, sasaran utama Polres Sergai
yakni mendirikan 4 Pos Pam yakni di lokasi titik rawan Laka, rawan macet dan rawan gangguan Kamtibmas," papar Kapolres Sergai.

"Sebanyak 4 Pos Pam yang didirikan yakni Pos Pam di Simpang Tugu Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, kedua Pos Pam di Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, ketiga Pos Pam di Desa Pon Kecamatan Sei Bamban dan terakhir Pos Pam 4 di Simpang Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul," terang AKBP Dr Ali Machfud.

Sementara itu, sambung Kapolres juga akan membentuk 2 tim pengurai macet lalulintas yang melibatkan sebanyak 12 personil, tim I ditempatkan di Kota Perbaungan dan tim 2 di Pos Ruko Rampah Indah Kota Sei Rampah," ungkapnya.

Ia menambahkan, sementara untuk dalam situasi pandemi Covid- 19 saat ini, maka di setiap Pos Pam akan dilakukan kegiatan cek point.

"Memantau pelaku perjalanan khususnya menyangkut vaksinasi dengan melakukan pengecekan melalui barcode Aplikasi Peduli Lindungi, Melakukan pengecekan surat jalan, melakukan kegiatan vaksinasi, melakukan kegiatan swab antigen secara acak," tegas Kapolres.

Ia juga berharap kepada para pendeta dan pimpinan gereja diharapkan dapat membentuk Satgas penanganan Covid-19 di masing–masing gereja untuk menerapkan prokes secara ketat serta membentuk panitia PAM internal,''ajak Kapolres.

Menurut Kapolres, di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai terdapat beberapa lokasi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh warga masyarakat baik dari dalam maupun dari luar wilayah Kabupaten Sergai khususnya
pada saat hari libur.

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga menghimbau kepada seluruh pengelolah wisata pantai agar benar – benar menerapkan prokes guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Ia juga berpesan, kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai juga diharapkan peran sertanya untuk dapat melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di setiap lokasi tempat wisata termasuk pembatasan pengunjung dan termasuk Dinas Parbubpora Kabupaten Serdang Bedagai.

Diakhir penutup, Kapolres juga berpesan kepada seluruh personil agar mapping kerawanan seperti operasional kegiatan preman agar mengikuti aturan sesuai ketentuan pemerintah.

"Jalan kecil menuju objek wisata agar ditutup. Setiap objek wisata memiliki aplikasi Peduli Lindungi dan sekaligus antisipasi pohon tumbang dan banjir. Sehingga pelaksanaan pengamanan Ops Lilin Toba - 2021 berjalan aman dan lancar,'' pesan Kapolres Sergai.

Selain itu, sambung Kapolres agar dilaksanakan operasi pasar sehingga barang barang tidak layak dapat termonitor untuk ditarik. Kemudian di Pos Pam juga menjadi Pos Yan dan dilaksanakan check point agar Pos Pam dibuat nyaman,'' papar AKBP Dr Ali Machfud.