PALAS - Warga dari sebelas desa di Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padanglawas, terlihat antusias mendapatkan vaksinasi Covid-19 di sentra posko pelayanan kesehatan yanh digelar di tiga titik lokasi.


Vaksinasi massal tersebut digelar Pemkab Palas dan Polres Palas melalui Pemerintah Kecamatan Sosa Julu, bekerjasama dengan Puskesmas Pasar Ujung Batu dengan menyasar 1.000 warga, mulai usia 18 tahun sampai lanjut usia (Lansia).

Berdasarkan pantauan Go Sumut di lapangan, Selasa (7/12/2021), terlihat warga sudah mulai berkumpul mulai pukul 08.30, sementara vaksinasi dimulai pada pukul 09.00.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan melalui Kasat Binmas, Iptu Rahmad Saleh Nainggolan dan Kasat Lantas, AKP Alfian Arbi mengatakan, untuk menghindari penumpukan warga, petugas Bhabinkamtibmas mengatur antrian warga agar tidak berdesakan.

"Petugas memandu warga mulai dari registrasi, pengukuran suhu badan, pemeriksaan kesehatan dan kemudian penyuntikan vaksin," kata Rahmad Saleh saat peninjauan.

Kata Rahmad, warga yang sudah disuntik akan diarahkan ke meja observasi untuk mendapatkan kartu vaksinasi lalu keluar meninggalkan lokasi.

Plt Camat Sosa Julu, Muliadi Hasibuan mengatakan, vaksinasi massal secara serentak dosis I dan II di tiga titik ini dalam upaya pencegahan Covid 19 di masa pandemi saat ini.

"Mudahan mudahan vaksinasi massal ini membawa berkah dan manfaat bagi warga untuk terhindar dari Covid 19," ujarnya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Desa Tanjung dan Hurung Jilok, Kecamatan Sosa Julu.

Dikatakannya, vaksin secara serentak di tingkat kecamatan ini dalam upaya mengejar target vaksinasi untuk pencapaian 70 persen dengan sasaran warga.

Sebelumnya Kepala Puskesmas Pasar Ujung Batu Sosa, Sugita Esadora mengatakan, pemberian vaksin dosis I dan II menyasar warga desa yang bermukim di 11 desa, Kecamatan Sosa Julu.

"Kita berharap melalui kegiatan vaksinasi ini dapat mencapai target hari ini dengan sasaran 1000 orang warga," terangnya.

Ia menambahkan, di wilayah kerja Puskesmas Pasar Ujung Batu saat ini target pencapaian dosis I sudah mencapai sasaran 9.466 orang sampai dengan tanggal 6 Desember 2021.

Untuk dosis ke II, target pencapaian sudah mencapai 4.610 warga sampai tanggal 5 Desember 2021.