MEDAN - Sebanyak dua kasus temuan mayat di Kota Medan selama sepekan terakhir belum terungkap, baik motif dan penyebabnya. Namun, polisi mengklaim masih melakukan penyelidikan atas penemuan mayat tersebut.

Informasi dihimpun GoSumut.com, Senin, (5/12/2021), pertama, penemuan jasad Sugandi Wijaya alias Ujang (55), warga Komplek Ruko Katamso Indah No. 34 ini ditemukan tak bernyawa, Jumat, (3/12/2021) dini hari di depan rumah toko (Ruko) Gypsum, Jalan AH Nasution dengan kondisi penuh luka lecet.

"Pada tubuh korban ditemukan luka lecet di bagian perut, luka lecet di lengan kanan, pelipis kanan luka sobek, pinggang kiri luka, dan kaki bagian paha mengalami patah," ujar Kanit Reskrim Polsek Delitua, Iptu Zuhatta.

Dijelaskan Zuhatta, Jumat (3/12/2021) sekira pukul 02.00 WIB, petugas Polsek Delitua mendapat informasi adanya temuan mayat di lokasi dimaksud.

"Menurut keterangan saksi Sofyan Lubis, petugas jaga malam di door smeer Auto Bridal pada pukul 23.30 WIB, saksi mendengar suara seretan kecelakaan dan saksi keluar untuk melihat ada seorang tergeletak di jalan dan melihat sepeda motor vario warna hitam posisi terjatuh di Jalan AH Nasution, namun tidak melihat plat sepeda motornya," jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Helvetia ini.

Selanjutnya, saksi masuk kembali ke door smeer tempat ia jaga malam.

Kemudian, pada pukul 00.30 WIB, saksi keluar dan melihat seorang tergeletak di depan toko gypsum bersamaan dengan saksi Sultan Rangkuti dan Alpin Syahputra yang mengatakan mengenal korban.

"Kemudian, saksi memanggil kepling ke lokasi untuk menghubungi pihak kepolisian. Kemudian, petugas datang dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP)," sebut Zuhatta.

Dari korban, kata Zuhatta, ditemukan sejumlah barang bukti sandal korban, tutup batre dan pecahan kap sepeda motor, kunci sepeda motor dan uang tunai Rp140 ribu dari saku celana korban.

"Saat ini, kita masih menyelidiki kasus ini dan sudah memintai keterangan sejumlah saksi. Mohon doa dan dukungannya, agar kasus ini bisa terungkap," pungkasnya.

Selanjutnya, penemuan mayat Mr X yang diantarkan Lurah Sei Sikambing B, M Iqbal ke Instalasi Jenazah Rumah Sakit Umum dr Pirngadi Medan.

M Iqbal mengklaim, ia mengantarkan mayat tersebut ke Instalasi Jenazah Rumah Sakit dr Pirngadi Medan itu atas dasar inisiatif sendiri tanpa pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

Kepala Instalasi Forensik Rumah Sakit dr Pirngadi, Dessy Harianja, mayat laki-laki tersebut berasal dari Kelurahan Sei Kambing B yang diserahkan ke RSUD Pirngadi Medan pada Senin (29/11/2021). 

Menurut Dessy, sesuai prosedur, pihaknya belum bisa menyentuh mayat tersebut sebelum adanya permintaan visual dari pihak kepolisian.

Sementara itu, pihak keposlian hingga saat ini belum memberi keterangan resmi perihal adanya mayat Mr X yang diantaranya Lurah tersebut di atas ke Rumah Sakit dr Pirngadi Medan.

Namun demikian, upaya konfirmasi terus dilakukan hingga kasus temuan mayat ini terungkap.