MEDAN - Pengurus DPD Pujakesuma bersama DPD Wanita Pujakesuma Kota Medan resmi dilantik oleh masing masing ketua DPW Pujakesuma Medan, Sabtu (4/12/2021) di Gedung Medan International Convention Center (MICC) Jalan Gagak Hitam, Medan. Usai dilantik, Ketua DPD Pujakesuma Medan, Agung Rachman Hidayah mengajak seluruh pengurus dan anggota bisa kembali menyatukan warga Jawa di Sumatera Utara terkhusus di Kota Medan.

Selain itu, Agung juga berharap, Pujakesuma dibawah pimpinannya bisa berkolaborasi dengan pihak lain untuk membangun Medan.

"Untuk program dalam waktu dekat ini, target kita untuk UMKM dan bisa dibilang ini yakni meningkatkan produk original masyarakat Jawa yang sekarang ini banyak ditinggalkan terutama makanan, sebab banyak juga anak anak itu yang tidak tahu makanan cenil," ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berkeinginan menciptakan sentra sentra industri di setiap DPC DPC untuk para UMKM di Kota Medan.

"Kita itu berharap (kepada pemerintah), tapi kita itu harus memulai dulu. Jadi dengan kita bergerak, kita harap itu ada perhatian dan akan ada upaya kelanjutan dari pihak terkait dan teman teman yang ada di Medan itu, semua elemen harus bergerak. Artinya kita harus berbuat dulu," tambahnya.

Di sisi lain, Agung bersama pengurus Pujakesuma juga ingin kembali menggali dan melestarikan budaya Jawa.

Sementara itu, Ketua DPW Pujakesuma Sumut, Eko Sopianto mengucapkan selamat kepada DPD Pujakesuma yang baru dilantik dan yakin Pujakesuma dibawah pimpinan Agung akan tetap berkibar.

"Walaupun penuh tantangan. Kita ingin membuktikan Medan sebagai barometer Sumut. Dulu medan ada 2 juta, warga Jawa ada 30 persen. Kita ini yang penting kualitas, karena kalau kita berkualitas, sedulur kita akan mengikuti Pujakesuma," terangnya.

Untuk itu, Eko mengingatkan agar pengurus tetap terus berusaha merangkul, karena dia yakin mulai saat ini pengurus Kota Medan akan berbenah dan berkolaborasi dengan pemerintah. "Karena saya yakin kita dibutuhkan Walikota Medan untuk hal hal yang akan datang," tambahnya.

Di tempat yang sama, Walikota Medan, Bobby Nasution melalui Kaban Kesbanglinmas, Arjuna Sembiring juga mengucapkan selamat kepada pengurus dan selamat melaksanakan tugas serta berharap bisa mengemban amanah sesuai AD/ART organisasi.

"Etnis Jawa di Medan ada sekitar 35 persen. Kita berharap, etnis Jawa dan etnis lain bisa bergandengan tangan untuk menjaga keharmonisan untuk mendukung program program Pemko Medan.

Dia juga menilai, etnis Jawa saat ini sudah berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, dia harap, Pujakesuma bisa terus berkontribusi dalam membangun Kota Medan.

Di sisi lain, Ketua DPW Wanita Pujakesuma Sumut, Khairiah Sujono Giatmo berharap, walaupun ibu ibu sudah dilantik menjadi pengurus dan anggota DPD Pujakesuma Medan, tetapi jangan melupakan tugas gandanya sebagai wanita pendamping suami yang baik.

"Jadi jangan karena Pujakesuma, suami tertinggal. Wanita sebagai garis keturunan, (harus bisa) mendidik anak anak, ini yang paling penting. Jangan sampai anak anak kita kena yang tidak baik. Selama kepada ibu yang baru dilantik dan kiranya dapat melaksanakan program Pujakesuma," singkatnya.