MEDAN - Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan melakukan pengabdian kepada masyarakat, dengan menggelar Pelatihan Kompetensi SDM Bagi Pemuda Di Kelurahan Sidorame Barat I Medan Perjuangan Dalam Menghadapi Society 5.0, Sabtu (19/11/2021). Kegiatan yang digelar secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan ini merupakan wujud nyata dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui pengabdian ini diharapkan peran perguruan tinggi dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri.
 
Dr. Anggia Sari Lubis, SE, M.Si, ketua pelaksana yang merupakan dosen program studi manajemen menjelaskan, pelatihan ini dimaksudkan agar para pemuda mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan revolusi industry yang mana sebentar lagi Indonesia akan menghadapi era Society 5.0, sehingga kompetensi sumber daya manusia juga harus disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi era Society 5.0.
 
"Target dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan, motivasi dan skill up para pemuda dalam kepemilikan kompetensi yang harus dimiliki dalam menghadapi era Society 5.0," ujar Anggia. 
 
Di mana, sambung Anggi, perlu diberikan suatu kemampuan, pengetahuan, kesadaran dan keterampilan secara khusus kepada para pemuda sebagai agent of change, generasi penerus yang akan memperkuat daya saing bangsa. 
 
Pelatihan ini dibuka Lurah Sidorame Barat 1 Medan Perjuangan, dengan peserta sebanyak 30 orang pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan yang ada di Kelurahan Sidorame Barat 1 Medan. 
 
Pelatihan diawali dengan pemaparan perkembangan revolusi industry oleh Junita Putri Rajana SE, M.Si, dilanjutkan dengan materi utama skill up kompetensi dalam menghadapi era Society 5.0 oleh Dr. Anggia Sari Lubis, SE, M.Si. 
 
Dalam pemaparannya, Anggia menjelaskan tentang langkah-langkah awal bagi para pemuda untuk meningkatkan kompetensi melalui beberapa skill yang harus dimiliki oleh para pemuda agar lebih adaptatif dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang dihadapi pada era Society 5.0 
 
Sementara itu, Lurah Sidorame Barat 1 Yogi Prayoga S.STP menjelaskan, pelatihan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesiapan pemuda dalam menghadapi era perubahan saat ini. 
 
Dengan peningkatan skill dan pengetahuan ini diharapkan pemuda dapat memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan memberikan perubahan positif bagi dirinya sendiri maupun kelompoknya. 
 
"Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terimakasih kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelatihan ini. Terutama kepada tim pengabdian dari UMN Al Washliyah yang telah memberikan ilmunya kepada para peserta," ujar Yogi. Pelatihan berjalan selama 3 jam dimulai pada pukul 9.00 dan selesai pada pukul 12.00.