LANGKAT - Sebanyak 52 warga Kecamatan Kutambaru, diduga keracunan makanan saat menghadiri acara tunangan kerabat.

Hal ini disampaikan Kapolsek Kuala AKP Ilham, S.Sos melalui Kasi Humas Polsek Kuala Aiptu Ardiansyah dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Sabtu  malam (20/11/2021).

Diuraikan, peristiwa tersebut berawal pada hari Kamis (18/11/2021) sekira Pukul 08.00 Wib, saat dilaksanakan acara lamaran pinangan di kediaman  Mulo Malem Ginting (pihak calon  mempelai wanita) warga Dusun Kuta Pinang, Desa Namo Mbelin, Kecamatan Kuala. 

Dijelaskannya,  Wanta Sitepu  (calon mempelai pria) warga Dusun Lau Lante, Desa Kutambaru, Kecamatan Kutambaru- Langkat, beserta pihak keluarga Wanta Sitepu  (calon mempelai pria)  untuk menghadiri acara lamaran pinangan tersebut. 

"Banyak tamu undangan saat lamaran pinangan tersebut menyantap hidangan ayam rendang yang dibawa oleh pihak keluarga Wanta Sitepu (calon mempelai pria, red), "kata Kasi Humas Polsek Kuala Aiptu Ardiansyah. 

Ditambahkan, setelah selesai menyantap hidangan ayam rendang dan acara lamaran pinangan tersebut,  para pihak keluarga dari calon kedua mempelai pulang ke rumah alamat masing-masing,  ada yang pulang ke rumah di Kutambaru dan Salapian. 

Selanjutnya pada Jum'at  (19/11/2021), sekira Pukul 02.30 Wib, rombongan yang menghadiri acara lamaran pinangan tersebut yang ikut menyantap hidangan ayam rendang mengalami mual-mual,  diare, kepala pusing dan para korban berobat ke rumah sakit.,  

Lanjutnya, mendengar informasi tersebut, jajaran Polsek Kuala menuju TKP untuk mengambil sampel sisa makanan untuk dilakukan pemeriksaan di Puskesmas, dan RSU Delia, hasil lidik  diduga keracunan makanan.

Untuk para korban, kata Aiptu Ardiansyah,  ada yang dirawat di Klinik Inka Kuala ada 5 orang yaitu:

1.Kawaluddin Tarigan (39)
2.Mardiana Br.Ginting (39)
3.Siska andini br.Tarigan (14)
4.Devin Khana Trg.(4)
5.Eva Junita br.Gt (35),

Dirawat RSU.Delia ada 5 orang yaitu  :

1.Rasman Surbakti (28)
2.Sari wahyuni br.gt(27)
3.Zidan Surbakti ( 3)
4.Rohana (46)
5.Evalin (18)

Sementara itu  42 warga juga kini dirawat dirumah bebernya.