PALAS - Dua rumah yang berada dalam satu unit bangunan milik warga Desa Siboris Dolok, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padanglawas (Palas) hangus terbakar, Minggu (21/11/2021) sekira pukul 15.00 WIB. Rumah yang terbakar tersebut milik Ibrahim Adi Hasibuan (32) dan Kadar Usman Hasibuan (50) warga Desa Siboris Dolok. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kapolsek Barumun Tengah, AKP Syawaluddin H, SH dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan warga sekitar mengetahui adanya kebakaran karena melihat gumpalan asap disertai korban api yang membesar berasal dari dalam rumah milik Ibrahim.

"Kebakaran, kebakaran teriak warga yang berada sekitar rumah milik Ibrahim. Sementara Ibrahim  saat itu sedang bermain dengan anaknya di dalam rumah yang tidak mengetahui bahwa rumah telah terbakar," terangnya.

Mendengar teriakan warga, sambungnya, pemilik rumah Ibrahim baru sadar rumah telah dilalap sijago merah.

"Ibrahim sontak membuka pintu warungnya dengan kondisi api sudah menjilat bagian dinding rumah semi permanen tersebut," kata AKP Syawaluddin.

Kata Kapolsek, mengetahui rumah terbakar, Ibrahim membawa lari anak dan istrinya keluar dari rumah, berusaha menyelematkan barang barang yang ada di dalamnya untuk dikeluarkan.

Sementara rumah milik Kadar Usman Hasibuan yang bersebelahan dengan rumah Ibrahim dalam kondisi kosong tanpa ada penghuninya, tambahnya.

"Atas peristiwa kebakaran tersebut kedua korban mengalami kerugian ditaksir sebesar Rp 150 juta," ujarnya.

Asal api yang menyebabkan kebakaran dua rumah tersebut, lanjutnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian karena belum dapat dipastikan sumber api berasal dari mana, tutup Syawaluddin.