TOBA - Tujuh orang siswa/i SMA, SMP dan SD yang berprestasi di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 bersama orang tua, guru pembimbing dan Guru Kepala Sekolahnya Kamis malam (18/11/2021) diundang Bupati Toba Poltak Sitorus dalam jamuan makan malam bersama di ruang panatapan rumah dinas. Bupati menyebutkan prestasi para siswa menunjukkan bahwa SDM warga Toba memang Unggul dan Bersinar. Undangan jamuan makan malam bersama oleh Bupati Toba kepada ke 7 orang peraih medali Perak dan Perunggu sebagai ucapan syukur dan terima kasih serta penyampaian dukungan dan motivasi kepada para siswa/i, guru pembimbingm kepala sekolah da khususnya kepada para orang tua anak. Turut hadir Sekda Kab.Toba Drs,Audhi Murphy O Sitorus, Kadis Kominfo Lalo H Simanjuntak, Sekretaris Dinas Pendidikan Rikardo Hutajulu, dan Anggota DPRD Kabupaten Toba dari PDI Perjuangan Fauzi S Sirait dan Mutiara N.O. Panjaitan dari PKB.

Acara jamuan makan ini juga di hadiri perwakilan management PT.TPL.Tbk bagian Askeb Goverment Relation Jerri Tobing didampingi Rikkibens Hutabarat dan Ramson Simamora.

Ke 7 orang siswa/i berprestasi pada ajang KSN (Kompetisi Sains Nasional) 2021 di Jakarta yang berhasil mengharumkan nama baik Kabupaten Toba di kancah dunia Pendidikan Nasinal RI yakni, Nuel Dwirenov siswa SMA Unggul Del Laguboti peraih medali Perak bidang studi Kimia SMA, Samuel Jediah Hultom siswa SMA Unggul Del Lagubotiperaih medali Perak bidang Astronomi SMA, David Rafael Panjaitan siswa SMP swasta Rumah Harapan Tobasa peraih medali Perak bidang studi IPS SMP, Joel Van Doli Marpaung siswa SMP Bona Pasogit Sejahera peraih medali perunggu bidangnstudi Matematika SMP, Juan Salomo Hutabarat siswa SMP Budhi Dharma Balige peraih medali Perunggu bidang studi IPA SMP, Naomi Anastasya Simanungkalit siswa SD swasta Bonapasogit Sejahtera peraih medali perunggu Matematika SD dan Anghiat Marpaung siswa SD swasta Bona Pasogit Sejahtera peraih medali perunggu IPA SD.

Usai dijamu makan malam Bupati Toba Poltak Sitorus, memberikan berbagai wejangan dan bimbingan serta support untuk mendukung mereka lebih giat lagi dalam belajar guna meraih prestasi yang lebih baik lagi di berbagai event baik tingkat daerah, provinsi, nasional dan internasional kedepannya.

Bupati Toba dalam keterangan persnya kepada awak media menyampaikan, atas prestasi yang di raih ke 7 orang putra putri terbaik Kabupaten Toba di tingkat nasional dalam berbabai bidang studi ilmu pendidikan yang diperlombakan pada ajang KSN 2021 telah berhasil mengukir harum nama baik Kabupaten Toba di kancah nasional. "Atas nama pemerintah kabupaten dan seluruh masyarakat Toba saya mengucapkan selamat dan sukses," katanya.

"Harapan kami, dengan raihan prestasinya, studi yang akan ditempuh para anak anak semakin sukses. Tinggkatkanlah terus prestasi dan tunjukkan kepada dunia kalau SDM orang Toba adalah unggul dan bersinar," tambahnya.

Melalui prestasi yang berhasil ditorehkan ke 7 orang siswa siswi terbaik ini dunia pendidikan di Kabupaten Toba akan semakin lebih baik kedepannya. "Prestasi ke 7 orang siswa/i kita ini akan menjadi contoh dan motivasi serta teladan bagi para siswa/siswi lainnya untuk lebih giat bersaing dalam meraih berbagai prestasi terbaiknya di berbagai bidang studi pendidikan," ungkapnya.

Atas raihan prestasi yang telah berhasil mengharumkan nama baik kabupaten Toba atas nama pemerintah derah telah diberikan piagam penghargaan dan sejumlah uang sebagai tambahan biaya pembinaan bagi ke 7 siswa/i tersebut.

Terkait untuk beasiswa bagi ke 7 orang siswa/i peraih prestasi terbaik di KSN 2021 ini direncanakan akan diberikan sebagai beasiswa pendidikan. Untuk beasiswa ini akan menjalin kerja sama dengan PT.TPL.Tbk dan PT. Ina.um berikut beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Toba untuk mendukung prestasi para pelajar, khususnya bagi peraih prestasi KSN 2021 saat ini.*