PALAS - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Padanglawas(Palas) mendukung pemerintah menerapkan kebijakan sewa mobil dinas bagi organisasi perangkat daerah (OPD). Ketua KNPI Kabupaten Palas, Kadir Nasution mengatakan, penerapan kebijakan pemerintah dengan sistim sewa kendaraan dinas sebagai upaya menghemat anggaran perawatan yang menelan biaya mencapai Rp 5 miliar pertahun.

"Kebijakan ini diharapkan mampu mengirit anggaran, sehingga sistim sewa sangat kita dukung sebagai langkah strategis dan efektif dalam pemanfaatan anggaran," tegas Kadir, Rabu(18/11/2021).

Kadir sependapat dengan pernyaaan Ketua DPD AMPI Palas, Mardan Hanafi Hasibuan yang mendukung pemerintah untuk efisiensi anggaran dilakukan sistem sewa.

Menurut Kadir, penerapan sistem sewa kendaraan dinas ini yang peruntukannya untuk mendukung kinerja pemerintah sangat tepat pemanfaatannya.

"Sistem ini dinilai lebih efektif dan efisien dalam mengoptimalkan penggunaan kendaraan mobil dinas bagi instansi pemerintah," ungkapnya.

"Dengan diterapkan sistim sewa mobil dinas tentu pemerintah tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan hingga pemeliharaan kendraan dinas yang selama ini menyedot anggaran mencapai Rp 5 miliar per tahun," ujarnya.

Kadir optimistis sistem sewa ini mampu memangkas biaya perawatan kendaraan dinas yang alokasi anggarannya bisa dipergunakan untuk kontrak sewa tahun berikutnya, sehingga mobil dinas tetap terawat dan terjaga dengan baik.

Kadir menilai, biaya perawatan mobil dinas selama cukup terbebani karena sudah telanjur sebelumnya.

“Sehingga dengan sistim penyewaan mobil dinas tahun yang mencapai 45 unit dapat dipergunakan menunjang peningkatan pelayanan pemerintah akan semakin baik dan mendorong keberhasilan mengirit anggaran," sambungnya.

Kadir menambahkan, sistem sewa ini dapat mengefisienkan anggaran daerah sehingga besarnya biaya perawatan mobil dinas selama akan lebih hemat sesuai dengan komitmen pemerintah setempat.