LHOKSEUMAWE – Komandan Korem 011 Lilawangsa Kol. Inf Sumirating Baskoro mengajak warga di kawasan wisata waduk pengendali banjir Desa Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, agar tetap melestarikan lingkungan dengan tanaman produktif. "Tujuannya, selain lingkungan jadi asri dan juga bisa menghasilkan untuk membantu perekonomian rumah tangga," ucap Kol.Inf Sumirating Baskoro bersama Forkopimda Kota Lhokseumawe, saat melakukan penanaman kelapa jenis pandan wangi di area wisata wadukg pengendali banjir, Desa Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (15/11/2021).

“Selamatkan lingkungan dan lestarikan tanaman produktif, terutama dikawasan wisata waduk pengendali banjir Kota Lhokseumawe, sehingga kawasan wisata itu menjadi rindang dan asri, pengunjung juga akan betah berwisata di kawasan itu. Soalnya pemandangan laut lintasan selat malaka yang indah itu, ditambah dengan lingkungan yang asri,” katanya.

Selain itu, Danrem juga berharap, agar warga masyarakat menjaga lingkungan dan tanaman yang ada. “Lingkungan hijau yang ditanami dengan tanaman produktif akan menguntungkan bagi warga masyarakat, selain bisa meningkatkan oksigen, juga menambah income bagi masyarakat, makanya tanami lingkungan kita dengan tanaman produktif,” ujaranya.

Di samping itu, Kolonel Baskoro berpesan kepada warga setempat agar merawat pohon kelapa yang sudah ditanam supaya hidup tumbuh dengan baik dan berdampak ekonomi warga setempat.

“Bibit pohon kelapa yang ada ini nanti tolong dipelihara, dilihat-lihat dan dibersihkan, apabila sudah berbuah, buahnya bisa dipanen, dapat dimanfaatkan sebagai tambahan penghasilan," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan program pembinaan lingkungan hidup tahun 2021 di Korem 011 Lilawangsa. Saat ini musim penghujan dan waktunya untuk menanam pohon. Selain bertujuan melestarikan lingkungan juga hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai tambahan keluarga.

“Bibit kelapa asal Thailand ini cepat panen, beberapa tahun tidak terasa sudah berbuah, selain itu waduk tempat wisata menjadi sejuk dan bersih, pengunjung yang hadir merasa nyaman,” jelasnya.

Selain Danrem, turut hadir Kasrem 011 Lilawangsa, Sekda Kota Lhokseumawe, Dandim 0103 Aceh Utara, Kepala BI Lhokseumawe, Bank BSI, Bank Aceh, Polres dan para prajurit TNI, Polri dan masyarakat setempat.