SERGAI - Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan bersama rombongan menyalurkan ribuan bantuan sembako kepada korban banjir dua Kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (5/11/2021).

Dalam kunjungan, Darma Wijaya bersama rombongan menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Posko Desa Belidaan di Kecamatan Sei Rampah. Kemudian dilanjutkan di Posko Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Sergai.

Dihari yang sama Bupati Sergai juga menyalurkan bantuan sembako Posko di Kecamatan Tanjung Beringin. Dan terakhir menyalurkan bantuan di posko Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai H Darma Wijaya usai kunjungan korban banjir di Sei Rampah mengatakan ia bersama Wakil bupati Sergai bersama Kapolres Sergai dan komunitas Kompas dan Inti Sumut bersama anggota DPRD Sumut menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir.

"Bahwa hari ini mengunjungi beberapa titik lokasi banjir di 2 kecamatan di Serdang Bedagai yakni Kecamatan Sei Rampah dan Tanjung Beringgin," ujar Darma Wijaya.

"Dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai menyalurkan bantuan sekitar 5000 ribu beras ukuran 5 kilogram, ditambah lagi dari komunitas sampai donatur dari pengusaha Sumut dan Sergai hari ini juga menyalurkan ribuan karung beras dan sembako lainya," terangnya.

"Insyallah akan kita bagikan seluruh masyarakat yang terdampak banjir," pungkas Darma Wijaya.

Terpisah, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang mengatakan pihaknya sudah mengunjungi 5 titik lokasi dan hal ini akan berlanjut terus.

Sambung Robin, bantuan sumbangan yang diberikan yakni berupa beras, mie instan, minyak, tikar, tenda untuk bisa menambah perekonomian masyarakat.

Intinya, kata Robin. Masyarakat ini bisa menghadapi musibah ini dengan tabah dan nyaman, ujarnya.

"Hari ini kita sudah mengunjungi di 2 Kecamatan yakni Kecamatan Tanjung Beringin dan Sei Rampah untuk memberikan bantuan korban banjir," ucap mantan Kapolres Batubara ini.

Selain itu, Kapolres Sergai juga berpesan agar masyarakat yang terdampak banjir untuk tetap semangat dan tabah. Ini merupakan korban banjir tahunan akan terulang. Dimana curah hujan dari gunung bertemu dengan pasang tinggi air laut, sehingga air laut mendorong ke atas, pungkas Kapolres.

Senada dikatakan Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik mengatakan kondisi banjir saat ini banjir mulai surut dengan kedalaman lebih kurang 20 sampai 30 cm dari hari kemarin. Saat itu kedalaman sampai 50 cm sampai 80 cm.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai khususnya Kecamatan Sei Rampah dan Pemerintah Desa bekerjasama dengan Dinas BPBD tetap waspada dan mendirikan posko dan dapur dan mengantisivasi banjir susulan," pungkas Camat Sei Rampah.


Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya, Ketua Pusat Perhimpunan Indonesia Tionghoa, dr. Indra Wahidin, Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Amal Kebijakan (Kompak) Sumut, Iwan Hartono Alam.


Termasuk, Ketua Pembina Kompak, Amrin Susilo Halim, Ketua Kompak Medan, Budi Malem, Ketua Inti Sergai, Budi SE MM, Ketua Inti Sumut, Janlie SE, Sekretaris Inti Sumut, Tomi Wistan, Gimin Sumalim dan Keluarga.


Dan turut hadir juga anggota DPRD Sumut, Ir. Loso Mena dan seluruh pengusaha di Serdang Bedagai, Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik ,Kepala Desa Sei Rampah, Munajat dan tokoh agama.