PALAS - Madrasah aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas (Palas) Plus Keterampilan dan Riset menggelar peringatan Maulid  Nabi Muhammad SAW 1443 H di lingkungan Madrasah setempat, Jumat (5/11/2021). Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW mengusung tema "Sesungguhnya Rusulullah SAW  di utus untuk memperbaiki akhlak, orang berilmu ditinggikan derajatnya".

Bersamaan dengan kegiatan maulid tersebut dirangkai juga kegiatan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Al- baijanji yang sebelumnya dilaksanakan selama 1 bulan di lingkungan madrasah tersebut.

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan momentum peringatan naulid Nabi SAW memiliki banyak hal yang bisa dipelajari dan harus selalu menjadi contoh di kehidupan sehari -hari baik perbaikan akhlak dan moral menuju perubahan lebih baik.

"Nabi Muhammad SAW tumbuh menjadi seorang yang berbudi pekerti yang baik serta pekerja keras,” tuturnya.

Ia berharap, generasi milenial dan penerus bangsa ini sangat perlu meneladani Rasulullah dalam percaturan dunia ini, betapa pun banyak teknologi canggih saat sekarang ini. Namun sering juga terjadi penyalahgunaan teknologi yang mengarah tindakan tidak terpuji.

Oleh karena itu, sambungnya peringatan Maulid Nabi ini merupakan momentum untuk mengingatkan agar menjadi umat muslim yang beriman dan bertaqwa serta menjalin persatuan dan kesatuan dengan baik untuk kenyamanan dan kebaikan bersama.

"Diharapkan melalui peringatan maulid nabi ini semakin menambah keimanan, ketaqwaan dan rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW," pintanya.

Selain itu hal yang paling penting dalam kegiatan ini, tambah Mahyarni akhlak para siswa dan siswi ke depan semakin baik dan menjadi contoh tauladan di tengah masyarakat karena orang yang berilmu akan di tinggikan derajatnya.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset juga diisi dengan menghadirkan penceramah Ustad Ebin Saleh Hasibuan MPdi 

Dalam ceramahnya menyampaikan, kelahiran Nabi Muhammad SAW disambut kebahagiaan bahkan alam semestapun bergembira. Burung berkicau ria dan cahaya indah  turun dari langit. 

Dikatakan, Nabi Muhammad SAW menjadikan keteladanan untuk kehidupan sehari - hari.

"Kita harus mencintai nabi Muhammad betapa banyak perjuangan Nabi untuk membawa umatnya ke dunia yang berilmu pengetahuan," ujarnya

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu  yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah, firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 21, pesan Ustad dari ceramahnya kepada para siswa dan siswi madrasah.