PADANGSIDIMPUAN - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH iwakili Sekretaris, Rizki Halomoan Pulungan SH menghadiri pelantikan Dewan Kehormatan dan pengurus PMI Sumatera Utara (Sumut) oleh Ketua Umum PMI Pusat HM Jusuf Kalla di Aula Tengku Rizal Nurdin Kota Medan, Senin (25/10/2021).

Adapun pengurus PMI Sumut periode 2021-2026 yang dilantik, Rahmat Shah sebagai Ketua, Edi Siswanto sebagai Sekretaris, Bendahara Al Amin Syahputra dan Wakil Ketua Sahyan Asmara, Ketua Dewan Kehormatan Hasballah Thaib serta susunan pengurus lainnya.

Rahmat Shah mengatakan siap kembali mengemban amanah menakhodai PMI Sumut.

Dia mengatakan PMI tidak hanya melakukan donor darah, tetapi berbagai kegiatan kemanusiaan seperti tanggap darurat bencana, pencegahan Covid-19 sampai vaksinasi.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengapresiasi keberadaan Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut yang telah banyak membantu masyarakat. Terutama saat terjadi bencana hingga pengadaan stok darah untuk masyarakat yang membutuhkan.

Gubernur menyebut, orang yang berkecimpung di PMI adalah calon penghuni surga. Lantaran PMI bergerak di bidang kemanusiaan yang setiap saat membantu masyarakat.

Edy Rahmayadi juga mengapresiasi Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla yang telah berkecimpung di PMI sejak lama. Begitu pula dengan Ketua PMI Sumut Rahmat Shah.

"Tidak semua orang bisa berkecimpung di bidang seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PMI Pusat Jusuf Kalla menyampaikan, kenangannya saat mengunjungi Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan, sekitar 10 tahun lalu.

Menurutnya, saat itu kegiatan donor darah di Kota Medan masih sedikit. Namun kini keadaan sudah berbeda, donor sudah semakin sering digelar berbagai instansi, dengan fasilitas pendukung yang lebih lengkap.

“10 tahun lalu saya kunjungi Kota Medan, melihat unit donor darah, saya lihat bagaimana begitu sedikit (stok darah) sehingga calo beroperasi di rumah sakit, saya sampaikan bahwa jangan hanya menyatakan Medan bung, darah Medan dimana?," kenang Jusuf Kalla.

Selain itu, Jusuf Kalla menyampaikan, PMI hadir pada setiap kesulitan masyarakat seperti pandemi Covid-19. PMI tidak pernah putus-putusnya bersinergi dengan pemerintah dalam membantu menanggulangi Covid-19.

"Baik mengampanyekan, memberikan peralatan, pembersihan, semua itu berjalan selama bencana itu datang,” katanya.

PMI juga memiliki persaudaraan di berbagai dunia. Menurut Jusuf Kalla, semuanya akan saling membantu apabila dibutuhkan.

"Itulah satu organisasi yang bersinergi di seluruh dunia ini," kata Jusuf Kalla.