MEDAN - Batu menggantung di titik longsor, Jalan Jamin Ginting Km 36, Kecamatan Sibolangit, jalur Medan Berastagi diberlakukan buka tutup. Apalagi diperkirakan kemungkinan besar batu yang menggantung itu akan jatuh.

"Kemudian titik kedua masih ada bebatuan yang menggantung dan ada sebatang pohon besar yang akan tumbang. Karena itu, jalur Medan-Berastagi masih buka-tutup," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Medan, AKBP Sonny W Siregar, Minggu, (24/10/2021).

Selain itu, mantan Kasat Sabhara Polrestabes Medan ini menjelaskan, personel masih bekerja membersihkan material akibat longsor yang menutup jalan.

"Untuk itu, kita mengimbau warga masyarakat dari Kota Medan menuju Berastagi atau arah sebaliknya untuk menunda perjalanannya," jelas Kasatlantas.

Sebelumnya, hujan deras yang disertai angin kencang melanda kawasan Kota Medan, Kabupaten Deliserdang dan sekitarnya pada hari Sabtu, (23/10/2021) menyebabkan longsor di Jalan Jamin Ginting Km 36, tikungan Tirtanadi, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Akibat kejadian tersebut, Daihatsu Xenia plat B 2236 KFB yang berpenumpang 5 orang rata dengan aspal.

Tiga dari lima penumpang yang sempat dilarikan ke rumah sakit tersebut, meninggal dunia.

Pantauan di lokasi, akibat pemberlakuan buka tutup, jalur lalu lintas Medan-Berastagi maupun sebaliknya menjadi tersendat.

Apalagi di hari libur, jalur lalu lintas di kawasan tersebut kerap mengalami kemacetan.