LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H. Erik Adtrada Ritonga berharap OPD terkait, dinas Kesehatan, DPPKB, serta Dinas Lingkungan Hidup agar dapat meningkatkan koordinasi, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.


Demikian disampaikan Bupati Labuhanbatu H. Erik Adtrada Ritonga, saat meresmikan Pencanangan Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu 2021 di Ruang Data dan Karya, Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Bupati juga mengajak semua yang hadir agar dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. “Mari kita budayakan kembali semangat gotong-royong untuk bersama-sama membolo Labuhanbatu tercinta,” tutup Bupati.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Pencanangan Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan sekaligus Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Labuhanbatu, Hj. Lidiyawati Harahap mengatakan kegiatan ini didasari oleh Keputusan Bupati Nomor 474/160/DPPKB/2021 Tentang Pembentukan Panitia Kegiatan Sosial Kesatuan Gerak PKK-Bangga Kencana-Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2021 dan Surat Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Nomor 1599/KB-201/J.3/2021 Tentang Pelayanan KB dan KR bersama Mitra Kerja Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

“Tujuannya untuk memperkuat komitmen dan dukungan lintas sektor terkait serta mitra kerja strategis terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana atau yang disingkat Program Bangga Kencana dan Kesehatan,” kata Lidiyawati.

Lidiyawati menambahkan, bakti sosial ini berlangsung selama tiga bulan yang dimulai sejak bulan Oktober sampai Desember 2021. Berbagai rangkaian acara an lomba saat ini sedang berlangsung dan akan dilaksanakan yaitu pelayanan KB Secara Serentak di Fasilitas Kesehatan di seluruh Kecamatan, pelayanan Medis Operasi Wanita dan Medis Operasi Pria, sosialisasi sekaligus pelayanan IVA Tes sebagai upaya pencegahan kanker serviks pada perempuan bekerjasama dengan PKK dan Dinas Kesehatan, dan Lomba IVA Tes Posyandu, Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Lingkungan Bersih dan Sehat yang dilaksanakan di Kampung KB.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu dr. Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga, SpOG pada sambutannya mengatakan, pelaksanaan bakti sosial ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh tim penggerak PKK bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal.

“Saya minta kepada seluruh ketua tim penggerak PKK Kecamatan agar berperan aktif mensukseskan kegiatan ini di wilayahnya masing-masing sehingga target yang telah diberikan kepada masing-masing kecamatan dapat tercapai,” pesan Hj. Maya mengakhiri sambutannya.