MEDAN - Hasil survei Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Harian Kompas menempatkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di posisi 4 elektabilitas tertinggi. Posisi 4 PKS itu merupakan elektabilitas yang dimiliki partai politik di Tanah Air hingga Oktober 2021.

Posisi pertama diduduki PDIP dengan 19,1 persen disusul Gerindra dengan 8,8 persen. Sementara itu di urutan ketiga ada Golkar yang mengantongi 7,3 persen. Sedangkan PKS sendiri bersaing ketat dengan angka 6,3 persen.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara PKS Sumatera Utara (Sumut), Syaiful Ramadhan mengungkapkan rasa syukurnya.

"Terima kasih atas kepercayaan rakyat Indonesia secara umum dan khususnya Sumatera Utara. Kami akan jaga amanah ini," ujar Syaiful ketika dimintai tanggapannya perihal hasil survei Litbang Kompas tersebut, Selasa, (19/10/2021).

Lebih lanjut anggota DPRD Medan ini mengaku optimis, PKS bisa memenuhi target untuk meraih 15 persen suara di 2024.

"Alhamdulillah di 2021 ini saja kita sudah dapat 6,3 persen. Insyaallah mesin partai akan terus dipacu dengan bekerja melayani rakyat, " jelas legislator yang dijuluki 'Anak Sungai' ini.

Adapun survei tersebut berlangsung pada 26 September-9 Oktober 2021 melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak di 34 provinsi di Indonesia.