PADANGSIDIMPUAN - lbu rumah tangga (IRT) asal Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut) menjadi korban penipuan dijejaring sosial facebook (FB). Pasalnya, mereka diiming-imingi akan mendapat bantuan dana Covid-19 senilai Rp5 juta setelah mengirim foto syur.


Kepada wartawan, Kamis (14/10/2021), salah seorang korban berinisial YP (30) mengatakan saat dirinya membuka akun facebooknya, Selasa (12/10/2021) pagi, dirinya mendapat pesan dari teman FBnya dengan nama akun Anisa Cyank.

Saat itu, temannya menanyakan apakah dirinya telah mendapatkan bantuan dana Covid-19 tersebut.

"Saya bilang belum dapat, terus katanya sudah dapat Rp5 juta. Langsung saya tanya apa-apa saja syaratnya. Dia bilang foto KTP sama foto,” ujarnya saat ditemui di Polres Padasidimpuan.

Setelah mengirim foto KTP dan foto dirinya tersebut, akun Anisa Cyank ini meminta nomor ponsel miliknya dengan alasan nomor telponnya telah terhapus.

"Tidak lama setelah saya kirim, saya langsung ditelpon sama seorang perempuan yang mengaku bernama Laura, mengaku bidan. Dalam percakapan itu, dirinya minta saya mengikuti persyaratan dengan mengirim sejumlah foto orang yang syur,” tambahnya.

Kemudian, YP mengikuti syarat dari pelaku dengan mengirimkan foto syurnya. Tidak sampai disitu, pelaku malah meminta uang Rp3,5 juta setelah mendapatkan foto para korbannya.

“Karena uang saya tidak ada segitu. Saya minta kurang dan saya hanya mengirim uang Rp300 ribu ke rekening Bank BNI dengan nomor 1237752308 atas nama Muhammad Roky.

"Waktu telponan ada kawan Laura seorang lelaki mengaku bernama Ruli yang mengaku sebagai polisi,” ucapnya.

Namun sayang setelah ditunggu-tunggu, uang yang dijanjikan tersebut tak kunjung dikirim ke rekeningnya. Bahkan, korban terus mendapat ancaman dari pelaku akan menyebarkan foto-fotonya.

“Sampai saat ini kami masih mendapat ancaman dari dia bang. Ada belasan orang kami yang jadi korbannya,” ungkap YP.

Sementara itu, beber YP, saat dirinya mendatangi kediaman temannya yang memiliki akun Anisa Cyank, Anisa menyebut akun facebook miliknya sudah dibajak orang.

“Makanya kami datang ke sini bang melaporkan kejadian ini. Dan kami minta pelaku segera ditangkap bang,” ujarnya.

Berbeda dengan YP, RM yang juga korban penipuan ini telah mengirim uang ke rekening Muhammad Roky senilai Rp2 juta.

"Takut saya bang, makanya saya kirim segitu,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan AKP Bambang Priyatno SSos ketika ditemui wartawan diruang kerjanya mengatakan emak-emak membuat laporan ke Polres atas dugaan pemerasan setelah mengirim foto syurr mereka.

"Kita akan tindaklanjuti dan akan dilakukan penyelidikan," pungkas AKP Bambang.