TIMIKA - Atlet tarung derajat Farhan Attamamil Arda menyumbangkan emas untuk Sumatera Utara setelah mengalahkan atlet Papua, Elim Tabuni. Tapi peringkat Sumut justru semakin merosot Klasemen Medali PON Papua. Pertandingan kelas 61,1-64 Kg tarung derajat itu berlangsung di Venue Eme Neme Yauware Claster Timika, Selasa (12/10/2021) .

Farhan menang telak 3-0 atas Elim di partai ini sehingga memenangkan medali emas. Papua harus puas mendapatkan medali perak pertama.

Partai selanjutnya mempertemukan atlet Sumut Muhammad Rizki Firdaus dengan I Made Ardi Arimbawa dari Bali.

Made Ardi mencatat kemenangan di kelas 64,1-67 Kg ini di ronde kedua. Soalnya, Muhammad Rizki tak dapat melanjutkan pertandingan.

Hasil pertandingan dua atlet tarung derajat dari Sumut itu membuat Sumut berhasil mengumpulkan 8 emas, 19 perak, dan 18 perunggu. Namun posisi Sumut dalam klasemen medali PON XX Papua hingga Selasa malam (12/10/2021) justru semakin merosot ke peringkat 14 dari sehari sebelumnya di peringkat 12.

Hal itu akibat beberapa provinsi yang semula peringkatnya berada di bawah Sumut berhasil memperoleh medali emas lebih banyak. Misalnya Aceh, yang tadinya berada di peringkat 16 mendadak naik ke peringkat 13 dengan perolehan medali 10 emas, 6 perak, dan 9 perunggu.*