PALAS -  Pemerintah Kabupaten Padanglawas (Palas) melalui Dinas kesehatan menggelar kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu, di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Rabu (13/10/2021). Kepala Dinas Kesehatan Palas, dr Ummi Sahara Matondang melalui Kabid Pengendalaian dan Pemberantasan Penyakit (P2P)dr. Ilham Syuhri Siregar mengatakan, kegiatan ini guna meningkatkan pemahaman stakeholder  masyarakat tentang keberadaan posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan desa atau kelurahan dalam mendukung pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 
 
Ilham menyampaikan, khususnya terkait pegetahuan tentang kondisi eksisting posyandu di daerah, mengetahui peran posyandu dalam mendukung pencegahan dini TBC pada anak dan layanan sosial lainnya.
 
Selain itu, kata dia, untuk mengetahui efektifitas posyandu sebagai lembaga kemasyarakatan desa dan mengetahui langkah-langkah tindak lanjut yang efektif mengembangkan posyandu mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera.
 
"Kita sebagai orang tua sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit TBC, serta penularannya dan penangananya," terang Ilham. 
 
Menurut dia, melalui kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu, tentu memberi pemahaman dan pemgetahuan tentang gejala -gejala TBC ini, sehingga dapat mencegah penyakit ini agar tidak terkena pada diri kita maupun keluarga.