PALAS - Mendukung program ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Covid-19, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset melaksanakan  panen perdana tanaman kangkung di kebun milik madrasah tersebut. Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, Hj Mahyarni Junida Nasution SPd MA mengatakan kegiatan tumpang sari yang dikelola para siswa dan siswi sebagai bentuk mendukung program ketahanan pangan sebagai program ekstra kurikuler bagai siswa.

Di samping itu, kegiatan panen perdana ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar giat dalam bercocok tanam, dan dapat memanfaatkan halaman pekarangan rumah dan areal yang ada untuk ditanami sayur mayur mengunakan polibag.

"Manfaatkan lahan kosong, jangan membiarkan lahan tidak berfungsi, sehingga lahan sekecil apapun dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bermanfaat yang memberikan hasil seperti jenis sayur mayur," katanya, Selasa(12/10/2021).

Sebelumnya Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Sahut Martua Lubis SAg dan Wakil Kepala Madrasah bidang Humas, Amris Pulungan SPdi mengatakan panen kangkung perdana kelas keterampilan agribisnis yang dikelola 42 siswa sebagai bentuk keterampikan dan kepedulian lingkungan madrasah.

"Para siswa dan siswi kelas keterampilan agribisnis ini dibina oleh pembina bidang Akademik, Fatimah Hasnah SSi untuk program mendukung ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19," terang Amris.

Ia juga menambahkan, memfungsikan lahan di lingkungan madrasah sebagai bentuk penghijauan lingkungan yang memberi manfaat daya guna untuk program ketahanan pangan.

"Maka dari situ, para siswa dan siswi diajak untuk memanfaatkan lahan lingkungan madrasah yang ada, demi meningkatkan dan mendukung  program ketahanan pangan ditengah pandemi saat ini," tandasnya.