PALAS - Pemkab Padanglawas (Palas) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan ke 78 warga terdampak bencana. Warga penerima bantuan bencana angin puting beliung 66 orang dan 12 orang terdampak bencana banjir bandang.

"Bentuk bantuan bagi warga yang terdampak bencana angin puting beliung dan banjir bandang berupa bantuan tunai," kata Kaban BPBD Palas Amit Hadi Nasution.SH didampingi Kabid Kedaruratan, Salvator Sitorus ST  Selasa (12/10/2021) usai penyerahan bantuan ke warga di pelataran kantor BPBD Palas.

Dikatakan, bantuan bencana tersebut secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Padanglawas, drg H. Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi ke warga penerima bantuan dari pemerintah.

Kata Amit, warga penerima bantuan bencana ini dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Sosopan, Sosa, Ulu Barumun dan Barumun Baru.

"Bantuan untuk warga yang terdampak banjir bandang Rp 3 juta sedangkan angin puting beliung Rp 300 ribu perorang," terang Amit Hadi.

Ia juga mengimbau, warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan dini dalam cuaca ekstrim saat ini karena berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor karena intensitas hujan yang cukup tinggi diakhir belakangan ini.

"Memasuki musim penghujan saat ini,diimbau warga yang bermukim didekat daerah aliran sungai (DAS) untuk selalu waspada terhadap bencana alam seperti longsor dan banjir," tambahnya.