MEDAN - Selama sepekan terakhir, polisi di Kota Medan menembak dua pelaku kriminal di wilayah hukum Polrestabes Medan. Berdasarkan data yang dirangkum GoSumut, Senin, (11/10/2021), pelaku kriminal yang ditembak tersebut masing-masing diproses di Polsek Delitua dan Polsek Medan Helvetia.

Untuk Polsek Medan Helvetia, pelaku yang diamankan dan terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan saat akan dibawa pengembangan kasus berinisial HT (47), warga Jalan Pembangunan Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia.

Saat itu, residivis kasus pencurian ini tidak mengindahkan tembakan peringatan yang diletuskan oleh petugas.

"Tersangka HT diamankan dari sebuah Warung Internet (Warnet) Galang, Jalan Gatot Subroto Kelurahan Sei Sekambing CII, Kecamatan Medan Helvetia. Sebelumnya, ia dilaporkan melakukan pencurian di toko Master Ban," ujar Kapolsek Medan Helvetia, Kompol Pardamaean Hutahaean, pada Sabtu, (9/10/2021) pekan lalu.

Dalam kasus ini, kata Kapolsek, pihaknya mengamankan satu rekan tersangka dan masih memburu seorang tersangka lainnya.

Sedangkan pelaku kriminal yang ditembak personel Unit Reskrim Polsek Delitua ialah Khamarul Fattah alias De'gam (33) yang nekat membunuh temannya sendiri, seorang guru Sekolah Dasar (SD) di Medan Johor bernama Muhammad Ilyas (32).

Jasad Ilyas sendiri ditemukan di kos-kosannya, Jalan Ekawarni Lingkungan 3 No.25 Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor pada hari Jumat, (3/9/2021).

Peristiwa tersebut berawal saat korban meminta bantuan tersangka untuk pindah kos pada hari Selasa, (31/8/2021).

Usai membantu korban, tersangka menginap di kos-kosan tersebut.

"Berdasarkan pengakuan tersangka, tepat tengah malam, ia yang tertidur dalam posisi telungkup terkejut saat celananya dipeloroti oleh korban. Saat itu, tersangka yang mengaku hendak disodomi oleh korban langsung menghantam kepala korban dengan martil yang ada di lantai," ujar Kaposlek Delitua, AKP Zulkifli Harahap, Sabtu, (9/10/2021).

Di situ, sebutnya, martil menancap di kepala korban hingga yang bersangkutan langsung terkapar berlumuran darah.

"Selanjutnya, tersangka langsung kabur melalui jendela membawa sepeda motor korban yang terparkir di halaman belakang kos," sebut mantan Kanit Intel Polsek Medan Helvetia ini.

Tersangka sendiri, kata Kaposlek, berhasil diamankan dari kawasan Jalan Brigjen Katamso Gang Nasional, Medan.