TIMIKA -  Dua petarung asal Sumatera Utara berhasil lolos ke partai final setelah unggul dalam partai semi final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Cabang Olahraga (Cabor) Tarung Derajat di venue Eme Neme Yauware Timika, Senin (11/10), Hebatnya, di Cabor Tarung Derajat pada PON ini, hanya dua atlet ini yang dibawa oleh kontingen Sumatera Utara. Mereka adalah Farhan Attamamil Arda di kelas 61,1-64 Kg dan Muhammad Rizki Firdaus di kelas 64,1-67 Kg.

“Dua atlet ini adalah atlet POMNAS. Keduanya lolos pada pra PON lalu. Saya sangat senang dan bahagia karena mereka bisa masuk final. Ini adalah kerja keras kita selama ini," ujar pelatih Tarung Derajat Kontingen Sumatera Utara, Hizrah Saputra Harahap.

"Kami juga beri apresiasi atas pencapaian ini kepada pelatih juga pengurus di Sumatera Utara. Dinas Pemuda dan Olahraga juga sangat banyak membantu untuk perkembangan olahraga Tarung Derajat di Sumut,” ungkapnya.

Hizrah mengaku beban dari KONI Sumut menargetkan satu hingga dua medali emas. Namun ia mengatakan, tarung derajat adalah olahraga yang tidak terukur, sehingga apapun bisa terjadi.

“Kesiapan untuk final sudah kita lakukan. Termasuk lawan kita adalah tuan rumah. Antisipasinya sudah kita rangkum. Sebentar malam mungkin baru dibahas kesiapannya,” ungkapnya.*