MEDAN - Daftar provinsi dalam perebutan puncak Klasemen PON Papua terus memanas. Sumatera Utara terlempar dari 10 besar, padahal sempat berada di peringkat 8 pada dua hari sebelumnya. Lampung yang semula berada di bawah Sumut melesat ke peringkat 10 dengan perolehan medali 7 emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Sementara Riau bertahan di peringkat 7 dengan perolehan medali 12 emas, 14 perak dan 13 perunggu, Adapun Sumut yang menempati posisi 11 mengumpulkan medali 6 emas, 13 perak, dan 11 perunggu.

Jawa Barat masih betah di posisi teratas klasemen, sementara DKI Jakarta dan Jawa Timur saling salip.

Klasemen PON Papua sementara ini sampai pukul 12. 20 WIB seperti dilansir dari situs resmi PON XX Papua yang dikutip GoSumut di Medan Sabtu (9/10/2021), Jawa Barat masih memuncaki klasemen sementara. Jabar sejauh ini punya koleksi 201 medali dengan rincian 70 emas, 63 perak, dan 68 perunggu.

DKI Jakarta kembali ke posisi kedua dengan koleksi 181 medali yang rinciannya 64 emas, 52 perak, dan 65 perunggu. Jawa Timur turun sementara ke peringkat ketiga dengan 163 medali yang rinciannya 62 emas, 53 perak, dan 48 perunggu.

Papua ada di nomor keempat Klasemen PON Papua sementara dengan raihan 56 emas, 29 perak, dan 56 perunggu. Di peringkat 10 besar berturut-turut setelahnya yakni Jawa Tengah, Bali, Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Lampung.

Ada enam provinsi yang belum meraih medali yakni Papua Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat.

Jawa Barat teranyar meraih medali emas dari cabang olahraga menembak dan dari ajang jalan cepat serta marathon di nomor atletik. Di nomor menembak, sebenarnya terjadi persaingan sengit tiap nomornya antara DKI Jakarta dan juga Jawa Timur.*