PALAS - Mewujudkan pembinaan akhlak moral dan rohani terhadap para tahanan untuk renungan kalbu, Polres Padanglawas memberikan siraman rohani, Kamis (7/10/2021).

Siraman rohani ini disampaikan Ustaz H.Umar Soleh Hasibuan SAg.

Dalam tausiyahnya, Ustaz H.Umar mengatakan,segala perbuatan dan kesalahan yang membawa pada tindak kejahatan merupakan perbuatan yang dilarang agama dan aturan hukum yang berlaku.

"Mari kita renungkan dan sadari bahwa segala perbuatan jahat dan baik yang kita lakukan pasti akan ada dampak resiko dan manfaatnya yang harus kita pertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat nantinya," katanya.

H.Umar berharap, melalui bimbingan ini bisa merubah prilaku para tahanan menjadi lebih baik dengan meningalkan kesalahan atas segala tindakan yang menimbulkan kerugian orang lain.

"Semoga apa yang telah kita lakukan selama ini dapat menjadi renungan kalbu bagi diri kita untuk merubah prilaku dan akhlak untuk selalu berbuat baik dan taat beribadah dan menjauhi segala perbuatan kejahatan," pesan kepada para tahanan untuk merubah akhlak menjadi insan yang berguna bagi orang lain.

H.Umar juga mengingatkan setelah selesai menjalani hukuman atas perbuatan yang selama ini, diharapkan menjadi pelajaran berharga untuk tidak mengulangi hal yang sama di masa depan.

Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi mengatakan, kegiatan bimbingan rohani ini merupakan wujud program pembinaan terhadap tahanan.

"Program bimbingan rohani ini merupakan program Polres Palas yang dilaksankan terhadap para tahahan," katanya, Kamis (7/10/2021).

Kapolres menambahkan, program bimbingan rohani ini dilaksanakan secara berkesinambungan minimal dua kali dalam satu bulan dengan menghadirkan Al Ustad dan penceramah sebagai bentuk siraman rohani untuk memperbaiki moral dan akhlak para tahanan.