ASAHAN - Dua unit mobil angkutan yaitu jenis Mitsubishi tronton tangki dan jenis Colt Diesel mengalami kecelakaan hebat dengan bertabrakan hingga menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Tragedi itu terjadi pada Rabu (6/10/2021) Jalinsum Medan - Rantau Prapat KM. 200-201 tepatnya di Dusun IV, Desa Rahuning-1, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan.

Mitsubishi Tronton Tangki jenis mobil barang BK-9229-CT dikemudikan Muhammad Sidiq Erlangga (26) warga Kelurahan Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Sementara kontranya, mobil barang Mitsubishi truck Colt Diesel Z-9083-TB yang dikemudikan Herman Lubis (43) warga Kelurahan Tambangan, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Herman Lubis membawa penumpang bernama Sukandis (31) warga Kelurahan Tambangan, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi.

Dari kecelakaan ini berakibatkan supir tronton tangki mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan medis di Klinik Harapan Kita, Pulau Raja.

Kemudian, penumpang Colt diesel, Sukandis yang mengalami luka-luka, meninggal dunia saat diberikan perawatan medis di Klinik Harapan Kita, Pulau Raja.

Sementara, Herman Lubis dan tidak mengalami luka pada bagian tubuhnya.

Hal tersebut dibenarkan Kasatlantas Polres Asahan, AKP Jodi Indrawan.

"Iya benar ada lakalantas yang mengakibatkan salah satu diantaranya meninggal dunia," kata Kasatlantas Polres Asahan kepada wartawan.

Dijelaskannya, mobil barang Mitsubishi tronton tangki yang dikendarai Muhammad Sidiq melintas dari arah Medan menuju arah Rantau Prapat dan sesampainya di sekitar TKP, mobil barang Mitsubishi truck Colt Diesel yang dikemudikan Herman Lubis datang dari arah berlawanan.

"Dengan kondisi jalan beraspal hotmix, jalan lurus namun sedikit bergelombang, dilengkapi marka jalan garis lurus putus-putus, tidak ada terdapat lampu penerangan jalan sehingga jalanan gelap serta tidak ada terdapat rambu-rambu larangan maupun rambu-rambu peringatan, di saat itu juga terjadilah tabrakan antara kedua truck tersebut," terangnya.

AKP Jodi menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar lebih waspada dalam mengatur kecepatan kendaraannya.

"Hati-hati dalam berkendara, jangan terlalu ngebut, atur kecepatan dengan baik dan pastikan tidak ada hambatan saat mendahului kendaraan lain demi keselamatan diri sendiri dan pengendara lainnya. Kasian keluarga juga yang sedang menunggu di rumah," imbuhnya.

Ia juga meminta kepada pengendara agar lebih patuh terhadap peraturan lalulintas yang ada.

"Patuhilah peraturan lalulintas. Pelanggaran no, keselamatan yes," pungkasnya.