LABURA - Penemuan patung batu kuno (arca) di Dusun III Batu Sinanggar, Desa Maranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara yang ditemukan salah seorang warga pada 26 September 2021 lalu membuat heboh warganet dan warga sekitar. Darpin Ritonga warga Dusun III Batu Sinanggar, Desa Meranti Omas yang menemukan patung kuno tersebut mengatakan, penemuan ini ketika dia sedang membersihkan ladangnya.
 
"Pas hari itu saya lagi bekerja membersihkan ladang dan mencabut akar-akar kayu tiba-tiba menemukan batu yang berbentuk patung," ujar Sarpin. 
 
Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Maranti Omas, Baharuddin Sagala mengatakan bahwa penemuan patung batu kuno tersebut ditemukan salah seorang warganya.
 
"Penemuan patung batu kuno yang ditemukan warga saya di ladangnya membuat heboh warga dan atas nama pemerintah Desa Maranti Omas saya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Labura kemuadian semalam tim dari dinas telah mendatangi lokasi penemuan tersebut," sebut Sagala, Minggu (3/10/2021).
 
Salah seorang tokoh masyarakat desa Maranti Omas, A.Yani Munthe berharap masyarakat dan pemerintah segera melakukan yang terbaik, sebab ini kemungkinan aset yang langka.
 
"Saya berharap masyarakat dan pemerintah segera melakukan yang terbaik sebab ini kemungkinan aset yang langka bahkan tidak ternilai dengan uang," harap Yani.